Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralFenomena Kidult, Orang Dewasa yang Suka Bertingkah Kekanakan

Viral: Fenomena Kidult, Orang Dewasa yang Suka Bertingkah Kekanakan

Info Viral: Fenomena kidult atau saat orang-orang dewasa tapi masih bertingkah laku anak-anak lagi ngetren menjangkit generasi millenials. Hal itu salah satunya dipicu saat pandemi Covid-19 dan orang-orang banyak berdiam di rumah.

Istilah Kidult dipopulerkan oleh psikolog Jim Ward Nicholas merupakan sebutan untuk mereka yang berusia 25 tahun ke atas dan masih menikmati budaya anak-anak atau remaja.

Viral: 10 Negara Dengan Jam Kerja Paling Pendek, Ada Indonesia?

Satuviral
Fenomena kidult- Satu viral – SATUVIRAL
Fenomena kidult

Mereka biasa masih berpenampilan fisik, bergaya hidup, maupun pemikiran yang kekanak-kanakkan dan tidak cocok lagi bagi usia mereka sesungguhnya. Ciri kidult yang mencolok adalah menolak mengambil tanggung jawab besar, tidak punya planning jelas atas hidup maupun keuangannya.

Para kidult juga biasanya masih tinggal serta ditanggung oleh orangtua, meskipun punya penghasilan sendiri. Mereka juga tidak mandiri secara finansial, dan kurang bertanggung jawab atau memiliki komitmen penuh.

Fenomena Kidult ini sudah terjadi di awal 1960-an, namun dari tahun ke tahun fenomena ini semakin marak terjadi. Di Amerika misalnya, jumlah orang berusia 26 tahun ke atas yang masih tinggal dengan orangtua meningkat dari 11% pada 1970 menjadi 20% di 2005.

Menurut Bernard Salt, ahli kependudukan, fenomena Kidult juga menjakiti orang-orang berusia 25 tahun ke atas di Australia. Mereka memilih menunda menikah, menunda memiliki anak, menunda membeli rumah.

Kidult Memilih Foya-Foya Ketimbang Memikirkan Masa Depan

Sebaliknya mereka lebih memilih berkeliling dunia, foya-foya daripada hidup mapan, dan membelanjakan uang terencana. Semakin maraknya fenomena ini, beberapa negara juga memiliki istilah sendiri dalam menyebut kidult. Seperti kippers di Inggris, nesthockers di Jerman, mammones di Perancis, dan freeters di Jepang.

Salah satu hal yang membuat fenomena Kidult marak salah satunya kondisi perekonomian orangtua yang mapan dan berkecukupan sehingga membuat anak-anaknya ‘manja’.

Viral: Komet Langka ‘Zaman Es’ Muncul Februari 2023

Satuviral
Fenomena kidult- Satu Viral – SATUVIRAL
Fenomena kidult

Lapangan kerja yang kompetitif bagi laki-laki dan perempuan muda, harga-harga barang yang mahal, dan gaya hidup mewah dinilai jadi penyebab semakin luasnya fenomena Kidult.

Sosiolog V. Sundari Handoko mengatakan fenomena ini juga terjadi di Indonesia, baik di kota besar maupun kecil. Handoko mengatakan budaya Indonesia memiliki konsep keluarga besar (extended family), yang memiliki ikatan emosional tinggi.

Sehingga ada kewajiban untuk saling membantu. Termasuk bantuan ekonomi dari orangtua, saat anak-anak mereka belum mapan bahkan setelah menikah atau ketika memiliki penghasilan sendiri.

Kamu ikutan jadi kidult ga sob? masih suka koleksi mainan masa kecilkah dan menolak menikah diusia muda?

Anti kudet dengan baca Satu Viral. Kamu bisa dapat info viral, berita terkini, gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia,  dan berita viral disini.

Popular Categories

Ads on Satuviral