Sunday, March 26, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralGawat! Kepulauan Widi di Halmahera Mau dilelang ke Pihak Asing

Viral: Gawat! Kepulauan Widi di Halmahera Mau dilelang ke Pihak Asing

Kepulauan Widi Dilelang PT LII

Info Viral: Kepulauan Widi di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara akan dilelang di situs asing Sotheby’s Concierge Auctions. Proses pelelangan akan dimulai 8 Desember sampai 14 Desember 2022 oleh PT. Leadership Islands Indonesia (LII).

Dalam situs Sotheby’e Concierge Auctions tertulis kepulau Widi berada dalam gugus kepulauan di Halmahera Maluku Utara, yang terdiri dari lebih 100 pulau tak berpenghuni. Sotheby’e Concierge Auctions merupakan situs pelelangan yang kantornya berbasis di New York, Amerika Serikat (AS).

Viral: Besok Terakhir Pendaftaran Lowongan Kerja BUMN 2022, Begini Cara Daftarnya

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Kepulauan Widi dilelang

Menurut situs lelang tersebut, lokasinya Cagar Alam Widi berada di jantung Coral Triangle. Di kawasan itu, pengunjung melihat pantai dengan pasir putih sepanjang 150 km, terumbu karang, perairan pribadi, dan laut dalam kaya nutrisi.

“Terletak di dalam Kawasan Konservasi Laut seluas 315 ribu hektare. Terdapat 10.000 hektar hutan hujan, hutan bakau, laguna biru kehijauan, danau, dan pantai. Menunggu potensi pengembangan sadar lingkungan,” bunyi pernyataan dari Sotheby’s.

Sotheby’e Concierge Auctions juga menawarkan kepada para investor untuk mengembangkan resor di area Kepulauan Widi. Caranya dengan membeli hak pengembangan dari lebih dari 100 pulau di “Segitiga Karang” Indonesia timur itu dari PT LII.

Pihak asing yang hendak memiliki pulau itu bisa mengakuisisi saham PT LII yang merupakan perusahaan induk dan pemegang izin resmi pengembangan pulau. Pemilik pulau bebas mengembangkan pulau sesuai keinginannya.

Izin PT LLI dibekukan usai Kabar Kepulauan Widi dilelang

Kabar Kepulauan Widi dilelang sampai ke telinga Kemendagri dan Pemerintah Maluku Utara. Pemerintah pusat dan daerah akan membekukan izin PT Leadership Islands Indonesia (LII) atas dugaan pelelangan Kepulauan Widi ini

“Tindakan sementara pemerintah provinsi akan membekukan izin sementara. Nanti apabila PT LII bisa menunjukkan kelayakan atas pemanfaatan lahan, maka izin bisa dibuka kembali,” kata Direktur Jenderal Administrasi Wilayah Kemendagri Safrizal ZA melalui keterangan tertulis, yang diterima Satu Viral, Selasa (06/12).

Viral: Balita Tewas dibanting Karena BAB Sembarangan

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Kepulauan Widi dilelang

Safrizal membenarkan PT LII mengantongi izin pemanfaatan lahan di kepulauan itu. PT LII pernah menandatangani nota kesepahaman dengan Pemprov Maluku Utara pada 27 Juni 2015 untuk membangun kawasan pariwisata di Kepulauan Widi dengan jangka waktu 35 tahun.

Namun bukan berarti PT LII adalah pemilik sah kepulauan tersebut. Selain itu PT LII dilarang mengalihtangankan pengembangan pulau kepada pihak lain, apalagi pihak asing. Safrizal berkata perusahaan itu diduga menjadi broker dan mendaftarkan Kepulauan Widi di situs lelang.

Pemerintah pusat pun memerintahkan pemda untuk meninjau ulang izin untuk PT LII. Menurut Safrizal, PT LII telah melanggar nota kesepahaman karena tak melakukan pembangunan sejak perjanjian tujuh tahun lalu.

Dapatkan semua info viral terkini, gosip viral selebriti terupdate, info artis viral Indonesia dan luar negeri dan berita viral. Jangan sampai ketinggalan berita Sob.

Advertisement

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -