Saturday, December 10, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralGempa Bumi di Sukabumi, Berapa Besaran Kekuatannya?

Viral: Gempa Bumi di Sukabumi, Berapa Besaran Kekuatannya?

Kekuatan Magnitudo 4,7 Richter

Info Viral; Gempa bumi terasa di wilayah Sukabumi, dan sekitarnya pada Senin (31/10/2022) sekitar pukul 10.05 WIB. Berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa ini berpusat di 87 km Barat Daya Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Berdasarkan laporan sementara dari BMKG, gempa ini terjadi di kedalaman 20 KM. Hingga saat ini belum dilaporkan apakah ada kerusakan atau tidak akibat dampak gempa bumi ini.

“Info Gempa Mag:4.7, 31-Okt-22 10:05:57 WIB, Lok:7.70 LS – 106.88 BT (87 km BaratDaya KOTA-SUKABUMI-JABAR), Kedlmn: 20 Km ::BMKG,” tulis akun twitter BMKG Bandung @BMKGBandung.

Berdasarkan informasi resmi BMKG Bandung, gempa berlokasi di titik koordinat 7.70 Lintang Selatan (LS) hinga 106.88 Bujur Timur (BT). Sementara pusat gempa berada di 87 km Barat Daya Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Getaran gempa cukup kuat dan terasa hingga ke Bandung. Netizen yang tinggal di wilayah Bandung dan Jawa Barat ramai-ramai mencuitkan perihal gempa. Mereka menanyakan apa benar terjadi gempa.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: Warga Dobrak Rumah Majikan yang Siksa dan Kurung ART

Satuviral

Yusnia (27) warga Sukajadi, Kota Bandung turut merasakan gempa tersebut sesaat.

“Ya tadi goyang-goyang kerasa. Enggak kencang juga sih, tapi terlihat benda yang digantung goyang-goyang,” ujar Yusnia kepada Satu Viral, Senin (31/10).

Arie Dharmawan warga Kota Sukabumi mengatakan dirinya merasakan getaran gempa cukup kuat. Ia melanjutkan saat gempa terjadi, dirinya sedang menjaga dan melayani konsumen di konter handphone (HP).

“Getaran gempanya tidak begitu lama hanya beberapa detik saja. Tetapi getarannya cukup kencang,” kata warga Gang Saniin, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong ini.

Dengan spontan ia dan pelanggannya langsung berlari keluar konter. Ternyata banyak warga lainnya yg juga berhamburan keluar rumahnya.

Tidak ada Korban Jiwa dan Kerusakan Bangunan

Sementara, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi Imran Wardhani mengatakan pihaknya belum menerima adanya kerusakan atau korban jiwa akibat gempa. Pihaknya masih memantau dampak dari gempa tersebut. Saat ini petugas penanggulangan bencana masih berada di lapangan untuk melakukan pendataan.

Info Viral: Waroeng SS Potong Gaji Karyawan Terima BSU, Begini Klarifikasi Pemilik

satuviral

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hartanto menjelaskan, gempa bumi yang baru saja terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng,” tutur Hartanto dalam keterangannya.

Hingga pukul 10:45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Belum terlihat juga adanya potensi tsunami. Dirinya Menghimbau warga untuk tidak panik dan tidak terpengaruh isu hoax.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Hartanto.

“Bener ada gempa, pantesan barusan kok goyang goyang,” tulis akun @moonn**.

“Di Cimahi keras. tapi cuman 1 menit aja Alhamdulillah,” tulis akun @jmbloter***.

Dapatkan informasi celebrity gosip viral tentang para artis viral indonesia dan berita viral dengan cara mengecek kateogry di atas. Jangan sampai kudet ya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com