Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeKulinerGopchang, Usus Bakar yang Viral Gara-gara BTS

Viral: Gopchang, Usus Bakar yang Viral Gara-gara BTS

Gopchang Usus Bakar

Info Viral: Gopchang atau usus sapi Korea panggang dan goreng, kini sedang viral di media sosial, terutama di TikTok. Akhir-akhir ini makanan berbahan dasar jeroan ini mulai digemari oleh netizen

Pasalnya kuliner negeri ginseng yang kerap dikenalkan para idol Kpop seperti Hwasa Mamamoo hingga bintang dunia BTS, mulai digemari masyarakat Indonesia.

Di antara sekian banyak restoran Korea yang mengadopsi model Korean BBQ, banyak yang menjual Gopchang sebagai salah satu menu utama mereka. Namun, sebelum benar-benar mencicipi makanan yang konon sangat berminyak ini, sebaiknya pahami dulu apa itu Gopchang.

Viral: Hidangan Tak Biasa dari India, Mie Digoreng dengan Bir!

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Apa itu Gopchang?

Nama gopchang memiliki arti yang sangat unik. Gop sendiri artinya lemak hewani, dan gopchang artinya lemak hewani. Artinya gopchang adalah makanan berlemak yang terbuat dari usus hewan.

Tidak ada yang salah tentunya, karena gopchang memang terbuat dari usus sapi atau babi yang biasanya dipanggang atau digoreng.

Gopchang biasanya dipanggang di atas bara panas. Namun terkadang juga digoreng dengan aneka sayuran dicampur kuah pedas.

Menurut Walk Into Korea, saat mentah, gopchang atau makchang menyerupai garis merah muda yang kotor. Tapi saat dipanggang dan diiris, sebenarnya cukup enak dan tekstur yang menarik.

Viral: Kuliner Khas Gunungkidul yang Wajib Dicoba

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Kaya akan Zat Besi dan Vitamin

Biasanya gopchang dipotong menjadi potongan seukuran gigitan agar mudah diatur.

Seperti yang dilaporkan K-Odyssey, nama gopchang digambarkan sebagai bentuk usus yang melingkar dan kusut. Sebagai makanan khas Korea, gopchang berbentuk tabung. 

Gopchang juga memiliki elastane. Makanan ini dikenal kaya akan zat besi dan vitamin.

Saat dimakan, gopchang juga sangat kenyal, hampir seperti makan lemak yang dibakar. Gopchang semakin populer karena teksturnya yang unik dan rasanya yang enak.

Secara khusus, usus sapi adalah salah satu lauk representatif yang cocok dengan soju.

Sulit Populer di Dunia

Gopchang memang cukup populer di hampir semua bagian Korea. Seperti dikutip dari laman Mashed, Gopchang dianggap sebagai camilan malam yang sempurna.

Bagi mereka yang menyukai hidangan ini, perpaduan kenyalnya sulit ditemukan pada makanan lain di Korea. Meski begitu, makanan ini disebut sulit untuk populer di negara lain, terutama Amerika Serikat.

“Menurutku usus tidak akan sepopuler itu,” kata kritikus makanan Matthew Kangtold,

“bahkan jika BTS mempromosikannya”

Kapan lagi kamu bisa dapat berita eksklusif setiap hari? Cuma di Satu Viral. Di mana aja kapan aja kamu bisa dapetin info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral