Wednesday, February 28, 2024
HomeTrending ViralGunung Raung Meletus, Warga Mulai Rasakan Efek Buruknya

Viral: Gunung Raung Meletus, Warga Mulai Rasakan Efek Buruknya

Mata Perih Terkena Debu

Berita Terkini; Gunung Raung yang berada di perbatasan Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso meletus. Letusan yang terjadi pada Rabu (27/07) sore itu menyemburkan abu vulkanis setinggi 1.500 Meter. Warga sekitar lereng gunung mulai terdampak efek buruk letusan pada Kamis (28/07) pagi.

Erwin, warga Desa Gunung Malang, Kecamatan Sumberjambe, Jember mengatakan matanya terasa perih saat berada diluar rumah. Ia menduga hal ini karena abu Gunung Raung.

“Iya, ini mata berasa kelilipan terus. Sepertinya ini efek abu (gunung meletus),” jelas Erwin pada Satu Viral.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Kebakaran Landa Plaza Senayan, Ini Penyebabnya

Satuviral

Ia melanjutkan dirinya tidak dapat mencari rumput di sekitar lereng Gunung. Pasalnya pemerintah setempat mengimbau warga tidak mendekati lereng gunung radius 3 km untuk sementara waktu.

Menurut Erwin keluarnya abu vulkanis kemarin bukan letusan. Melainkan tanda-tanda meletus. Pasalnya Gunung Raung biasa mengeluarkan abu vulkanik saat menunjukkan gejala meletus.

- Advertisement -

Senada, Arif Wicaksono warga lainnya mengungkapkan kejadian Rabu sore itu hanyalah hembusan abu vulkanis dan bukan letusan.

“Memang dengar suara gemuruh kecil, tapi itu biasa di sini. Biasanya kalau Raung meletus disertai gempa, tapi ini tadi tak terasa,” ucap Arif.

Selain itu langit di lereng gunung sempat gelap seperti mendung beberapa saat usai hembusan abu vulkanis terjadi. Kamis pagi Arif melihat debu tipis menempel pada tanaman di rumahnya. Lantai di teras depan rumahnya juga terasa kesat karena debu.

Desa Gunung malang berjarak 11 km dari puncak Gunung Raung. Menurut Arif, sampai sekarang warga di sana masih tenang, namun tetap waspada. Sebab, kalau Gunung Raung sudah menunjukkan tanda-tanda erupsi, biasanya berlangsung 1-2 bulan.

Abu Vulkanik Keluar Sejauh 1500 Meter

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Raung meletus pada Rabu (27/07) pukul 17.19 WIB. Kepala pos pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo mengatakan letusan hanya berlangsung selama 9 menit.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Viral, Pesawat Bikin Macet Jalanan di Bogor

Satuviral

“Benar. Gunung Raung meletus. Sampai saat ini tidak terekam adanya erupsi susulan,” jelas Mukijo.

Mukijo melanjutkan status Gunung Raung saat ini masih level 1. Gunung Raung mengeluarkan abu vulkanik setinggi 1.500 meter saat meletus. Abu vulkanik tersebut mengarah ke barat laut yakni ke Kabupaten Bondowoso dan Jember.

(PVMBG) PPGA Raung Banyuwangi meminta masyarakat atau wisatawan untuk tidak mendaki dan mendekati puncak kawah. Kawasan ini juga ditutup untuk aktivitas camping atau kemah penelitian untuk sementara waktu.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -