Wednesday, February 28, 2024
HomeTrending ViralHarga Naik, Begini Tips Hemat Konsumsi BBM Untuk Mobil

Viral: Harga Naik, Begini Tips Hemat Konsumsi BBM Untuk Mobil

Ubah Gaya Berkendara

Berita terkini; Harga BBM Pertamina jenis Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex naik kembali pada Minggu (10/7/2022). Sejumlah warga mengeluh kenaikan ini membuat duit di kantong terkuras. Berikut Satu Viral bagikan tips irit konsumsi BBM untuk mobil.

Cara bikin irit konsumsi BBM ini bisa dilakukan tanpa harus “mengoprek” mesin. Ardito S. Bachrie, Vice Commisioner bengkel KS Nusa, Jakarta mengatakan mesin bukan hal utama yang membuat bensin jadi boros.

“Jalanan macet dan gaya berkendara juga bisa membuat bensin jadi boros,” tutur pria yang akrab disapa Dito ini pada Satu Viral.

Kondisi jalan yang macet adalah hal utama yang paling banyak membuat bensin “tekor”. Hal ini dikarenakan posisi mobil yang berhenti dan jalan dalam jumlah banyak. Keadaan ini dapat menyedot bensin lebih banyak.

Sebaliknya kondisi jalanan lenggang dan mobil melaju dengan konstan dapat mengirit pemakaian bensin. Maka Dito menjelaskan pertama kali Sobat viral perlu mengubah gaya berkendara. Buatlah gaya berkendara yang terencana.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Viral! Kereta Api Lewat di Komplek Perumahan, Begini Tanggapan KAI

Satuviral
- Advertisement -

Buatlah rencana bepergian agar tidak terjebak kemacetan terlalu lama. Misalnya Dito mencontohkan Sobat Viral bisa berangkat lebih pagi. Juga pulang lebih malam untuk mengurangi kemacetan. Sobat Viral juga bisa mencari rute lainnya yang minim kemacetan.

Yang kedua adalah mengurangi gaya berkendara yang agresif. Contoh nyata adalah mengendarai mobil dengan kecepatan yang tidak konstan.

“Kadang ngebut, kadang pelan. Atau saat ngebut terus tiba-tiba mengerem. Itu bisa bikin boros BBM juga. Lebih baik melaju dengan kecepatan yang sama dalam jangka panjang,” tutur Dito.

Langkah ketiga Dito menyarankan agar rajin merawat onderdil mobil. Misalnya kaki-kaki hingga mesin mobil selalu rutin dirawat. Gunakan selalu bahan-bahan atau oli yang sesuai saran dalam buku petunjuk pabrikan.

Dito menjelaskan jalur oli mesin sekarang dibuat presisi dan toleransinya semakin sedikit. Maka sebaiknya memakai oli sesuai anjuran spesifikasi yang disarankan oleh pabrik. Hindari penggunaan oli yang lebih kental atau encer dari yang sudah ditentukan.

Ia melanjutkan mesin mobil yang bekerja lebih ekstra akibat oli yang kental, justru akan memperparah penggunaan bensin. Hal ini dikarenakan oli yang kental membutuh tenaga tambahan mesin untuk mengolahnya.

“Oli yang lebih kental dari anjuran pabrik bisa jadi sludge. Mesin juga jadi kerja ekstra dan lebih panas,” tutur Dito.

Rajin membawa mobil untuk perawatan sesuai buku petunjuk pabrikan juga dapat mengirit bensin.

“Misalnya di service kalau sudah kilometer tertentu. Sehingga mobil selalu berada dalam perlindungan garansi dan bisa klaim bila terjadi apa-apa,” tegas Dito.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Bocah Ponorogo Alami Luka Terbakar Usai Makan Ice Smoke

Satuviral

Harga dan Spesifikasi BBM yang Naik

PT Pertamina (Persero) secara resmi telah menaikkan harga tiga jenis BBM non subsidinya per 10 Juli 2022. Ketiga jenis BBM tersebut adalah Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex.

Secara spesifik, Pertamax Turbo (RON 98) naik dari semula Rp 14.500 per liter menjadi Rp 16.200 per liter. Sedangkan Dexlite naik dari semula Rp 12.950 per liter menjadi Rp 15.000 per liter.

Sementara Pertamina Dex naik dari Rp 13.700 per liter menjadi Rp 16.500. Harga ini berlaku untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah. Juga untuk wilayah DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Namun dua BBM lainnya yakni Pertamax dan Pertalite tidak mengalami kenaikan. Harga Pertamax masih ditahan di level Rp 12.500/liter. Pertalite masih Rp 7.500 per liter.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -