Saturday, December 10, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralHari Ini! Gojek Tokopedia PHK 1.300 Karyawan

Viral: Hari Ini! Gojek Tokopedia PHK 1.300 Karyawan

Langkah Ini Dilakukan Demi Mendorong Kemandirian Finansial

Info Viral – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk memberikan klarifikasi bahwa pihaknya memecat karyawan. GoTo telah memberhentikan 1.300 karyawan atau 12% dari tenaga kerjanya di Indonesia, Vietnam, Singapura, dan India, kata manajemen.

Gojek mengungkapkan, langkah tersebut untuk mendorong perusahaan mencapai kemandirian finansial. “Dengan cara ini perusahaan dapat terus mendukung jutaan konsumen, mitra pengemudi, dan pedagang di ekosistem GoTo melalui pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan,” tulis pernyataan resmi perusahaan yang dirilis pada Jumat, 18 November 2022.

Gojek menjelaskan, tantangan ekonomi makro global berdampak besar bagi para pelaku bisnis global, termasuk GoTo. Seperti perusahaan besar lainnya yang lebih dulu melakukan pemutusan hubungan kerja. Oleh karenanya, dengan ini GoTo perlu memastikan bahwa perusahaan siap menghadapi tantangan ke depan.

Info Viral: Meta PHK 11 Ribu Pegawai, Mark Zuckerberg ‘Menangis’ Ungkap Sebabnya

Satuviral

Oleh karena itu, GoTo memilih kebijakan PHK guna mempercepat pertumbuhan dan kemandirian bisnis perusahaan yang berkelanjutan dalam jangka panjang. GoTo juga akan fokus pada tiga layanan bisnis inti, yaitu video-on-demand, e-commerce, dan financial technology. Pasalnya, pertumbuhan ketiga lini bisnis tersebut dinilai paling tinggi.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Optimalisasi Dinilai Belum Cukup

Pada tahun ini, GoTo mengklaim telah melakukan banyak melakukan  optimalisasi biaya secara keseluruhan, termasuk penyesuaian kegiatan operasional, integrasi proses kerja, dan negosiasi ulang berbagai kontrak kerja sama. Hingga akhir kuartal kedua 2022, perusahaan telah menghemat biaya struktural sebesar Rp 800 miliar dari berbagai aspek seperti teknologi, pemasaran, dan outsourcing.

Namun, optimalisasi dinilai belum cukup untuk memperkuat posisi keuangan perusahaan. Oleh karena itu, GoTo memutuskan untuk fokus pada hal-hal yang berada dalam kendali perusahaan agar dapat melangkah lebih jauh dalam situasi ekonomi global.

“Keputusan sulit ini tidak dapat dihindari agar perusahaan lebih gesit dan mampu mempertahankan tingkat pertumbuhan yang akan terus berdampak positif bagi jutaan konsumen, mitra pengemudi, dan merchant.”

Info Viral: Dulu Pernah Beken, Kini 6 Start Up ini Lakukan PHK

Satuviral

Karyawan di PHK Hari Ini

Karyawan yang di-PHK akan diberitahukan hari ini. GoTo mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberikan dukungan menyeluruh kepada karyawannya selama masa transisi karena mereka bekerja keras dan memberikan kontribusi besar bagi perusahaan.

Karyawan yang terkena dampak akan diberikan paket kompensasi berdasarkan undang-undang dan peraturan di setiap negara tempat GoTo beroperasi. Contohnya dukungan keuangan dalam bentuk gaji bulan tambahan, dan kompensasi di tempat periode pemberitahuan.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Layanan dukungan dan konseling pencarian kerja juga akan diberikan kepada karyawan yang terkena dampak. Karyawan berhak untuk memiliki laptop mereka saat ini, mengakses berbagai program pelatihan, dan dapat bergabung dengan Direktori Alumni GoTo, di mana perusahaan dapat membuat referensi ke berbagai perusahaan di jaringan mitra bisnis GoTo Group. Selain itu, fasilitas konseling karir, keuangan, dan psikologis akan tersedia hingga akhir Mei 2023.

“Keputusan ini tidak mempengaruhi layanan GoTo kepada konsumen serta komitmen Perusahaan terhadap mitra pengemudi dan pedagang.”

Gelombang PHK di Industri Teknologi Mulai Terlihat

Gelombang ini menambah jajaran perusahaan raksasa, termasuk Microsoft dan Meta Platforms Inc., yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran pada 2022. Bagi Apple, gelombang PHK di industri teknologi sudah terlihat sejak awal pandemi Covid-19. Perusahaan besar dan kecil semakin membatasi ambisi mereka dan mempersiapkan masa-masa sulit di depan.

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk merupakan ekosistem digital terbesar di Indonesia yang terdiri dari beberapa layanan terintegrasi dari Tokopedia dan Gojek. GoTo secara resmi mengumumkan penawaran umum perdana (IPO) pada 15 Maret 2022. Sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan simbol ticker GOTO. Gojek sendiri diklaim menyumbang 2% dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Pantau terus update kita di Satu Viral. Berita paling update soal informasi berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini. Yuk, pantengin terus platform Satu Viral.

Jangan lupa untuk follow Instagram kami di SatuViral

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com