Friday, September 22, 2023
HomeTrending ViralHawaii Kebakaran Hebat, Tewaskan 36 Orang dan Hanguskan Pulau Maui

Viral: Hawaii Kebakaran Hebat, Tewaskan 36 Orang dan Hanguskan Pulau Maui

Hawaii Kebakaran Hebat

Berita Viral: Hawaii kebakaran hebat. Sebanyak 36 orang tewas saat kebakaran hutan yang bergerak cepat menghanguskan pulau Maui di Hawaii. 

Menurut pejabat setempat, kematian di kota Lahaina, tujuan wisata utama pulau itu, terjadi saat angin kencang mengipasi api. 

Kebakaran itu adalah salah satu dari beberapa kobaran api yang sedang berlangsung yang telah meratakan seluruh lingkungan.

Ribuan orang terpaksa meninggalkan rumah mereka dan keadaan darurat telah diumumkan. Operasi pencarian dan penyelamatan skala besar sedang berlangsung, dan banyak orang masih hilang.

- Advertisement -

“Kami hampir tidak bisa keluar tepat waktu,” ujar Kamuela Kawaakoa, yang melarikan diri ke tempat penampungan evakuasi pada Selasa bersama pasangannya dan putranya yang berusia enam tahun, mengatakan kepada Associated Press. 

“Sangat sulit untuk duduk di sana dan hanya melihat kota saya terbakar menjadi abu dan tidak bisa berbuat apa-apa. Aku tidak berdaya,” papar dia.

Lima tempat penampungan telah dibuka di Maui dan para pejabat sebelumnya mengatakan tempat itu “dibanjiri” orang. Pulau ini adalah tujuan wisata yang populer dan pengunjung dipaksa untuk menjauh.

“Ini bukan tempat yang aman,” papar Letnan Gubernur Hawaii Sylvia Luke kepada wartawan. “Kami memiliki sumber daya yang dikenakan pajak.”

Berita viral menyebut, petugas pemadam kebakaran masih berjuang melawan kobaran api, dengan helikopter menyemprotkan air ke api dari atas.

Pulau ini adalah yang terbesar kedua di kepulauan Hawaii, dan sisi baratnya hampir sepenuhnya terisolasi, dengan hanya satu jalan utama yang dibuka.

@jrstonenews

The wildfire damage in Lahaina, Hawaii is extensive. Prayers are with those who are on Maui right now. #News #WestMaui #Fire

♬ original sound – JR Stone

“Saat upaya pemadaman berlanjut, total 36 korban jiwa telah ditemukan hari ini di tengah kebakaran aktif Lahaina,” papar pemerintah daerah Maui pada Rabu malam (9/8). 

Lusinan orang terluka sejak kebakaran terjadi pada hari Selasa, dan rumah sakit di pulau itu merawat pasien luka bakar dan menghirup asap.

Lahaina telah dihancurkan oleh kobaran api yang muncul dalam video yang melanda kota resor tepi pantai.

“Kami baru saja mengalami bencana terburuk yang pernah saya lihat. Seluruh Lahaina hangus terbakar. Ini seperti kiamat,” ungkap penduduk Mason Jarvi kepada Reuters.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -