Saturday, December 10, 2022
- Advertisement -
HomeDestinationHealing Sambil Snorkling dan Hiking di Banda Neira

Viral: Healing Sambil Snorkling dan Hiking di Banda Neira

Keindahan Tercetak di Uang Rupiah

Sobat Viral, kalian sudah punya planing liburan akhir tahun kemana nih? Jika belum kepikiran, jalan-jalan ke Banda Neira bisa jadi salah satu pilihan kalian healing akhir tahun. Kepulauan Banda Neira di Maluku sangat rekomendasi buat kalian yang mau menjelajah keindahan bawah laut dan wisata sejarah.

Sebelum mengulik keindahannya, kamu sudah tau belum lokasi Banda Neira? Banda Neira adalah salah satu pulau vulkanik yang ada di gugusan kepulauan Banda, Maluku. Secara administratif, pulau Banda Neira merupakan pusat kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Di Dalamnya terdapat 12 desa dengan jumlah penduduk sekitar 14.000 orang.

Pulau kecil ini merupakan salah satu penghasil pala dan lada terbesar di masa Kolonial. Tak heran, walaupun kecil, pulau ini amat terkenal di Mancanegara. Pada masa kolonial Belanda, lokasi ini menjadi pusat monopoli perdagangan dan pelabuhan rempah-rempah dunia.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

3 Lokasi Wisata Korea yang Romantis Buat Bulan Madu

Satuviral

Karena itulah, kepulauan Banda tercatat sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO dari Indonesia yang menyimpan jejak kolonial dan pengaruhnya pada sejarah dunia. Panorama alam laut biru berpadu dengan gugusan pulau dan gunung yang indah adalah pemandangan pertama yang menyambut kalian saat tiba di Banda Neira.

Saking indahnya pulau Banda Neira, potretnya sampai terekam di uang kertas Rp1000 emisi 2016. Bersama gambar Tari Tifa dan bunga anggrek larat yang juga menjadi identitas dari wilayah Maluku.

Salah satu destinasi wisata menarik yang kalian kunjungi adalah Gunung Api Banda. Cobalah mendaki ke puncak gunung ini. Kamu akan terpesona melihat pemandangan alam yang yang menakjubkan dari puncak ketinggian. Keindahan seluruh pulau dan gugusan pulau akan terlihat dengan jelas.

Gunung Api Banda memiliki ketinggian sekitar 1.955 kaki atau 656 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jalur pendakian dari gunung Api ini terbilang cukup terjal dan membutuhkan energi. Namun semua itu akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang tersaji ketika tiba di puncak gunung.

Pemandangan bawah lautnya juga tak kalah cantik. Bahkan wisata bawah laut Banda Neira disebut-sebut merupakan salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di dunia. Terdapat lebih dari 30 spot snorkeling yang menarik di kawasan ini.

Salah satu spot snorkling favorit adalah spot Lava Flow. Spot ini terbentuk dari aliran lava yang mengalir saat gunung api Banda meletus. Lava flow menawarkan keindahan terumbu karang berwarna warni dan biota bawah laut yang masih alami. Jika beruntung, kamu bisa bertemu dengan aneka ragam makhluk bawah laut yang cantik-cantik seperti ubur-ubur, lumba-lumba dan kuda laut.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Hey Beach Resto, Hadirkan Suasana “Pantai” ke Tengah Kota

Satuviral

Jika sudah puas melihat pemandangan alam, kamu bisa mengunjungi bangunan bersejarah. Salah satunya rumah pengasingan Bung Hatta. Lokasi percisnya di Jalan Hatta, Kelurahan Dwiwarna, Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah. Di rumah inilah Bung Hatta pernah menjalani pengasingan sebagai tahanan politik selama 6 tahun lamanya.

Mantan Wakil Presiden pertama ini pernah diasingkan di rumah ini bersama Sutan Syahrir, Ini gara-gara dirinya dianggap sebagai pembangkak dijaman penjajahan. Banda Neira dipilih agar sikap mereka melunak pada Belanda. Sayangnya usaha itu gagal.

Didalam rumah kalian bisa melihat kehidupan dan jejak perjuangan keduanya melalui foto-foto yang disediakan dalam rumah. Adapula benda-benda peninggalan selama keduanya hidup disini. Seperti mesin ketik antik Underwood, buku catatan, alat tulis, pakaian, dan surat pengangkatannya sebagai perdana menteri. Ada juga gramofon kuno yang dulu sering digunakannya keduanya untuk mendengarkan musik.

Persiapan Traveling ke Banda Neira

Jika kamu mau pergi kesana, pastikan untuk melakukan persiapan jauh-jauh hari. Sebab transportasi kesana sangat terbatas dan cukup menguras kantong. Pertama-tama kamu dapat memesan tiket menuju Bandara Pattimura di Pulau Ambon. Kemudian kamu naik pesawat perintis untuk bisa ke Pulau Banda.

Kalau uangmu terbatas, kamu dapat meneruskan perjalanan menggunakan kapal Express Bahari dari Pelabuhan Tulehu. Bisa juga menaiki kapal Pelni. Jangan lupa untuk memesan penginapan sebelum sampai disana. Supaya kamu tidak kebingungan harus tidur di mana.

Pastikan kamu sudah melakukan survey sebanyak-banyaknya sebelum pergi kesana. Susun jadwal dan rencana kunjungan destinasi wisata. Cobalah hunting promo tiket pesawat jauh-jauh hari dan tetapkan budget pengeluaran selama disana. Kalau kamu anti ribet-ribet club, kamu bisa pakai jasa tour orang asli sana. Selamat berpetualang Sob!

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com