Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralHeboh! Mie Instan Indonesia dilarang Edar di Taiwan, Alasan di baliknya Terungkap

Heboh! Mie Instan Indonesia dilarang Edar di Taiwan, Alasan di baliknya Terungkap

Diduga Kelebihan Residu Pestisida

Info Viral; Otoritas Bea Cukai Taiwan menahan kiriman mi instan yang berasal dari sejumlah negara termasuk Indonesia. Produk mi instan asal Indonesia yang dilarang masuk ke Taiwan adalah Mie Sedaap.

Mie Sedaap dilarang karena mengandung kelebihan residu pestisida. Penemuan ini berdasarkan keterangan yang disampaikan Taiwan Food and Drug Administration (FDA) alias BPOM.

Kabar ini pertama kali viral usai diunggah salah satu netizen dengan akun TikTok @lyrs7 pada 5 Juli 2022. Ia menyebutkan 4.047 kg Mie Sedaap cup Indonesia masih tertahan di pelabuhan.

Produk Mie Sedaap yang dilarang salah satunya dalam bentuk kemasan cup dengan lima varian rasa yakni rasa soto, rasa baso spesial, rasa korean spicy soup, rasa korean spicy chicken, dan rasa ayam bawang.

‘Mie Sedaap dilarang edar di Taiwan karena mengandung pestisida! 4 ton 5 varian rasa ini ditolak masuk Taiwan dan yang sudah masuk semuanya dimusnahkan’ tulisnya.

Kemensos Cabut Izin ACT, Pengelola ACT Terkejut: Harusnya Teguran Dulu

Satuviral

Selain Indonesia, produk mi instan yang tak diperbolehkan masuk dan beredar di Taiwan juga berasal dari Filipina dan Jepang. Bea Cukai juga menolak Best Camellia Oil dari China dan kantong teh Queen Victoria dari Australia.

Produsen Mie Sedaap Buka Suara

Marketing Manager Noodle Category Wings Food, Katrina Arintya Anindyantari angkat bicara. Ia menegaskan mie Sedaap tidak mengandung residu pestisida.

“Penahanan Mie Sedaap di negara Taiwan tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. Penahanan karena adanya perbedaan regulasi yang diterapkan oleh regulator setempat,” kata Katrina melalui keterangan pers yang ditulis Satu Viral.

Lebih lanjut ia menegaskan Mie Sedaap telah mengantongi perizinan pangan dari BPOM Republik Indonesia,dan Sertifikat Halal (MUI). Selain itu juga telah mengantongi Sertifikasi ISO 22000.Itu adalah sertifikasi mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan. Juga Sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu.

“Hal ini menunjukkan bahwa Mie Sedaap telah memenuhi standar keamanan makanan di seluruh rantai pasokan. Sehingga, produk-produk Mie Sedaap aman dikonsumsi untuk masyarakat luas,” kata Katrina lebih lanjut.

Katrina mengungkapkan produk Mie Sedaap juga telah dinikmati oleh konsumen di lebih dari 30 negara selama belasan tahun terakhir.

Tersangka Dony Salman Datangi Kejari Naik Pajero, Ernest Prakarsa Beri Sindiran Menohok

Satuviral

“Setiap negara memiliki perbedaan regulasi yang ditetapkan. Namun kami telah memenuhi standar wajib untuk ekspor. Sebagaimana yang telah ditetapkan oleh sejumlah regulator terkait, termasuk kandungan, pengemasan, hingga pelabelan produk,” tutupnya.

Netizen Duga Ada Persaingan Bisnis Tidak Sehat

Penahanan Mie Sedaap ini mengundang beragam komentar Netizen. Warganet menilai pelarangan ini berlebihan dan tidak berdasarkan bukti kuat.

“Aq mantan kerja di pabrik mie sedap . Setiap proses pembuatan d cek ISSO tiap bulan. kalau mengandung bahan berbahaya pasti kena sanksi” ujar akun @aldoiqbal.’

‘Jika berbahaya, terus apa kabar dgn perut saya yg suka makan mie mentah. Sampai detik ini alhamdulillah masih aman dan sehat,” kata @Akal_sehatku

Ada Pula yang menilai pelarangan hanya akal-akalan pengusaha di Taiwan akibat adanya persaingan bisnis.

“Gak mau kalah tuh. Mie indonesia itu mie paling enak,” tutur @bajinglempar.

“Takut kalah saing produk lokal disana,”tulis @nadiafaradillas.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement