Saturday, January 28, 2023
- Advertisement -
HomeDestinationIlmuan Sebut Struktur Gunung Padang Mirip Piramida di Mesir

Viral: Ilmuan Sebut Struktur Gunung Padang Mirip Piramida di Mesir

Info Viral: Tau kah kamu di Indonesia ada gunung yang menyerupai Piramida? Tim peneliti menduga Gunung Padang di Jawa Barat merupakan situs mirip piramida yang tertua di dunia. Dugaan ini berdasarkan hasil penelitian dan studi.

Situs megalitik Gunung Padang merupakan salah satu situs purbakala di Jawa Barat yang terletak di kecamatan Campaka Cianjur. Situs tersebut memiliki luas 291.800 meter persegi dan terletak di Desa Gunung Padang, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka.

Lokasinya berjarak sekitar 32 kilometer dari kota Cianjur. Jika Anda berkendara sendiri dengna mobil, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam berkendara dari Kota Cianjur.

Viral: Ini Tanggal Cantik untuk Ambil Cuti di 2023

Satuviral

Sejak penemuannya pada tahun 1924, para ilmuwan berbondong-bondong untuk mempelajarinya. Gunung Padang ini digali pada tahun 2012 oleh tim peneliti independen yang komprehensif dari Bukit Padang.

Pemimpin tim, Ali Akbar menjelaskan penggalian dilakukan untuk membuktikan umur situs dan untuk mencari jejak-jejak kepurbakalaan di situs tersebut. Menurut hasil penelitian diketahui bahwa situs tersebut dibangun pada tahun 5200 Sebelum Masehi (SM).

gunung padang cianjur_ Satu Viral – SATUVIRAL
gunung padang cianjur

Artinya Gunung Padang merupakan bangunan piramida yang lebih tua dari piramida Mesir.
Bahkan Gunung Padang disebut-sebut sebagai situs megalitik terbesar di Asia Tenggara.

Hasil penelitian lain menemukan bahwa Gunung Padang memiliki rangkaian bangunan kuno berlapis mirip piramida. Fondasi ini ditafsirkan berusia sekitar 10.000 tahun. Struktur berbentuk menara kembar berundak ini dikatakan lebih besar dari piramida Giza di Mesir, kata para peneliti.

Setelah dilakukan penelitian secara intensif, bagian Gunung Padang merupakan rangkaian formasi yang terbentuk selama beberapa periode prasejarah. Bagian atas terdiri dari pilar batu, dinding batu, jalan setapak dan aula. Sedangkan lantai dua terletak sekitar 1-3 meter di bawah permukaan atas.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa struktur tersebut tidak hanya menutupi lapisan atas. Itu juga mengelilingi lereng seluas 15 hektar. Dengan kata lain, strukturnya tidak dangkal, tetapi memiliki akar yang lebih dalam,” tulis para peneliti di laman National Geographic ditulis oleh Satu Viral, Senin (16/01).

Gunung Padang Diduga Untuk Tempat Ritual Keagamaan

Menurut para peneliti, lapisan kedua ini sebelumnya disalahartikan sebagai formasi batuan alami. Faktanya, itu sebenarnya adalah susunan batuan berbentuk kolom yang disusun dalam struktur matriks.

Di bawahnya adalah tingkat ketiga, terdiri dari tumpukan batu dan ruang bawah tanah. Ruangan itu sangat besar, dalamnya lima belas meter.

Viral: Turis Kaget Ada Pemandangan ‘Unik’ di Kamar Hotel

Satuviral
gunung padang cianjur – SATUVIRAL
gunung padang cianjur

Sedangkan lantai empat terbuat dari basalt yang diukir secara artifisial. Lapisan pertama gunung berusia 3.500 tahun. Sementara lapisan kedua 8.000 tahun.Sedangkan lapisan ketiga sekitar 9.500 hingga 28.000 tahun.

Danny Hilman Natawidjaja, seorang ahli geofisika di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), percaya struktur kuno dan luasnya mungkin telah digunakan untuk kegiatan keagamaan.

Setiap teras memiliki batu-batu besar yang panjang dan digunakan untuk upacara yang berbeda. Upacara akan dipusatkan di teras atas.

“Bangunan terluar adalah tempat diadakannya upacara keagamaan. Tapi bangunan tertua dari 5200 SM, dan kita tidak tahu apakah itu juga digunakan untuk upacara keagamaan atau memiliki fungsi lain. Karena saat ini terkubur,” kata Denny.

Ga bakalan bingung mau wisata kemana kalau rajin baca Satu Viral. Kamu bisa dapat info viral, berita terkini,dan berita viral disini. Kamu juga bisa kepoin gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia,  dan info destinasi wisata unik.

Popular Categories

Ads on Satuviral