Saturday, January 28, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralIlmuwan Bilang Uang Bisa Bikin Bahagia Tapi Ada Batasnya

Viral: Ilmuwan Bilang Uang Bisa Bikin Bahagia Tapi Ada Batasnya

Uang Bisa Bikin Bahagia Tapi Ada Batasnya

Info Viral: Kita membutuhkan uang untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti membeli makanan, pakaian, menyewa rumah dan lain sebagainya.

Namun, tidak semuanya bisa didapatkan dengan uang. Banyak orang mengatakan bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan.

Emang Iya? Untuk mengetahuinya secara ilmiah, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Bath di Inggris menganalisis hubungan antara uang dan kebahagiaan.

Uang Bisa Bikin Bahagia Tapi Ada Batasnya - Satuviral – SATUVIRAL

Bali Dinobatkan Jadi Tempat Liburan Paling Membahagiakan

Satuviral

Benarkah Uang Tidak Bisa Membeli Kebahagiaan?

Melansir majalah BBC, pada level paling dasar, hal-hal yang membuat kita bahagia, atau setidaknya memicu respons dan penghargaan positif di otak kita, adalah hal-hal yang memenuhi kebutuhan biologis dasar kita.

Dalam hal ini, manusia sebagai makhluk hidup memiliki banyak kebutuhan untuk menjamin kelangsungan hidupnya, seperti makanan, air, udara, tidur dan keamanan.

Otak kita mengira hal-hal ini memiliki “makna biologis”, jadi saat kita mendapatkannya, kita bahagia.

Karena otak manusia dapat melakukan lompatan intuitif dan abstrak, ia dapat dengan mudah mengenali bahwa menerima uang berarti dapat lebih mudah memenuhi kebutuhan.

Lanjut ke sebelah ya…

Bukan Otomatis Lebih Bahagia

Namun, bukan berarti lebih banyak uang secara otomatis bikin lebih bahagia. Uang dapat dikenali oleh otak kita sebagai memiliki makna biologis, tetapi makna biologis semacam itu memiliki kegunaan yang terbatas.

Misalnya makan makanan yang kita suka memang selalu menyenangkan, tapi terkadang kita merasa kenyang dan makan terlalu banyak bisa menyebabkan sakit perut.

Ini juga berlaku untuk hal-hal seperti tempat tinggal dan keamanan. Misalnya, membangun terlalu banyak “perlindungan” di sekitar diri kamu dapat membuat merasa terisolasi dan tertindas.

Uang Bisa Bikin Bahagia Tapi Ada Batasnya - Satuviral – SATUVIRAL

Bisa Nggak Kita Bahagia Tanpa Uang?

Satuviral
Ada Fenomena Pembiasaan

Lalu ada fenomena pembiasaan, di mana dasar otak kita belajar untuk tidak menanggapi hal-hal yang terjadi secara terprediksi dan dapat diandalkan.

Hal ini dikonfirmasi dalam studi tahun 2011 yang dilakukan oleh Dr. Ruth Krebbs, Universitas Ghent, Belgia. Penelitian tersebut menjelaskan mengapa hal-hal baru, mengejutkan, dan tak terduga seringkali lebih menyenangkan daripada hal-hal yang biasa.

Dalam banyak kasus, begitu juga uang. Sangat menyenangkan menerima gaji rutin setiap bulan, tetapi menerima uang tak terduga, meskipun jumlahnya kecil, biasanya membuat kita lebih bahagia.

Terlebih lagi, ketika kita secara aktif dan jelas membutuhkan uang untuk bertahan hidup, menghasilkan uang menjadi suatu kebahagiaan.

Tetapi, menurut penelitian dari San Francisco State University, saat kita melampaui itu, saat kita aman secara finansial, uang bisa bermanfaat, tapi kekuatannya untuk membuat kita bahagia berkurang jauh.

Lebih banyak stimulasi psikologis berdasarkan pengalaman, seperti bepergian, menjalin hubungan baru, membantu orang lain, dapat membuat kita lebih bahagia.

Di dunia modern, kita mungkin membutuhkan uang untuk melakukan hal-hal ini, tetapi uang secara tidak langsung berhubungan dengan kebahagiaan, sebagai alat untuk mencapai tujuan daripada secara langsung memberi imbalan itu sendiri.

Ikutin terus berita terbaru dan viral, cuma di Satuviral, kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini  di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral