Advertisement
Thursday, September 29, 2022
HomeTrending ViralIndonesia Kini Punya 37 Provinsi, Ini Profile 3 Provinsi Baru

Indonesia Kini Punya 37 Provinsi, Ini Profile 3 Provinsi Baru

Tambah 3 Provinsi di Papua

Berita Terkini: Indonesia resmi memiliki 37 provinsi mulai 30 Juni 2022. Jumlah ini bertambah tiga, dari yang semula hanya 34 provinsi di Tanah Air. Tiga provinsi baru adalah Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Ketiga provinsi baru merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Papua. Pemekaran tersebut resmi bersamaan dengan berlakunya tiga Undang-Undang daerah otonomi baru di Papua.

Keputusan ini disetujui oleh anggota dewan dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Kamis (30/6/2022). Pemekaran ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan.

“Kami menanyakan sekali lagi kepada seluruh anggota, apakah RUU tentang pembentukan tiga provinsi baru dapat disetujui menjadi undang-undang?” tanya Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad dikutip Satu Viral.

“Setuju,” jawab para anggota dewan.

Tragis! Artis Porno Jepang Tewas Terikat di Pohon Bugil di Hutan

Satuviral

Dengan demikian, provinsi di Indonesia resmi bertambah menjadi 37 provinsi. Seluruh penjabat sementara Gubernur provinsi baru akan dilantik Agustus mendatang.

Saat ini ada lima provinsi di Papua, yaitu Provinsi Papua, Provinsi Papua Barat. Ada pula Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Selatan. Terakhir Provinsi Papua Pegunungan.

Profile 3 Provinsi Baru di Papua

Pada rapat sebelumnya semua kepala daerah di Papua disebut menerima rencana pemekaran tiga provinsi. Ibu kota Papua Tengah antara Nabire. Papua Pegunungan beribu kota di Wamena. Sedangkan Merauke ditetapkan sebagai ibukota Papua Selatan.

Wilayah cakupan Papua Selatan adalah Kabupaten Merauke, Kabupaten Boven Digoel, Kabupaten Mappi, serta Kabupaten Asmat. Provinsi Papua Tengah mencakup Kabupaten Nabire, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Puncak, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Intan Jaya, serta Kabupaten Deian.

Terakhir Provinsi Papua Pegunungan mencakup Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Tolikara. Juga Kabupaten Mamberamo Tengah, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Lani Jaya, dan, serta Kabupaten Nduga.

Buntut Kasus Holywings, Hotman Pasang Badan Minta Maaf

Satuviral

Provinsi Papua Pegunungan menjadi satu-satunya kabupaten yang berada di dataran tinggi. Wilayahnya semuanya adalah pegunungan. Selain itu menjadi satu-satunya provinsi yang berbatasan dengan negara Papua New Guinea.

Jadi jika ditanya berapa jumlah provinsi Indonesia kini jangan sampai salah ya.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,604FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
287FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement