Saturday, December 9, 2023
HomeTrending ViralIni Alasan Oknum Politikus Suka Bohong

Viral: Ini Alasan Oknum Politikus Suka Bohong

Alasan Oknum Politikus Suka Bohong

Info Viral: Jadi fenomena umum bagi politisi di berbagai negara untuk sering membuat janji tak sesuai fakta selama pemilu atau kampanye pemilu. Mengapa demikian?

Misalnya, ada orang yang mengatakan ingin membangun angkutan umum, tetapi ketika menjabat malah memprioritaskan pembangunan rumah ibadah yang sangat mahal yang mana tak ada kekurangan tempat ibadah.

Ada juga politisi yang mengatakan banjir akan lebih mudah dikalahkan jika mereka sudah menjadi pemimpin negara, tetapi ketika keinginan mereka menjadi kenyataan, itu tidak terjadi.

Jangan lupa bahwa selama kampanye pemilihan beberapa politisi menentang reklamasi, tetapi pada akhirnya menyetujui penggunaan pulau itu.

Ini Alasan Oknum Politikus Suka Bohong- Satuviral – SATUVIRAL

Ini Kata Hawking Soal Surga

Satuviral

Jujur Malah Bikin Canggung

Profesor Psikologi Kognitif Ullrich Ecker dan Postdoctoral Research Associate Toby Prike mencoba mengulas dalam tulisan di The Conversation berjudul We know politicians lie – but do we care?

- Advertisement -

Dalam tulisannya, kedua pakar tersebut berpendapat bahwa berbohong adalah perilaku sehari-hari. Mengutip studi dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), rata-rata orang berbohong dua kali sehari.

Menurut Ecker dan Prike, orang yang terlalu jujur ​​sering membuat dirinya berada dalam situasi yang canggung.

Akibatnya, sebagian besar kebohongan tidak berdampak banyak, hanya untuk menghindari rasa malu, membantu orang membuat kesan yang baik, atau membuat orang lain merasa senang.

Kebohongan Digunakan Untuk Bangun Keyakinan

Dalam kasus politisi, para peneliti mengatakan kebohongan digunakan untuk “membangun keyakinan palsu dan mendapatkan dukungan”.

“Informasi palsu dapat mempengaruhi pemikiran orang bahkan setelah mereka menyadari bahwa informasi tersebut salah,” kata peneliti.

Demikian pula, psikolog Robert Feldman dari University of Massachusetts menilai bahwa manusia sudah memiliki kemampuan bawaan untuk berbohong.

Dia mengklaim bahwa manusia dilatih untuk menipu. “Jika kita tidak, jika kita benar-benar selalu jujur setiap waktu itu bukan hal bagus. Akan ada hal yang ditanggung untuk itu,” kata dia.

Ini Alasan Oknum Politikus Suka Bohong- Satuviral – SATUVIRAL

Semirip Apa Sih Manusia dengan Kera?

Satuviral

Robert juga berkata: “Kebohongan yang kami dapatkan dari politisi hari ini diterima karena itulah yang ingin kami dengar, seperti saat pasangan Anda mengatakan pakaian Anda keren.”

Senada, Profesor Psikologi dan Perilaku Ekonomi di Duke University, Dan Ariely, mengatakan, “Orang-orang ingin mendengar politisi berbohong.”

“Anda mengerti bahwa Washington adalah tempat yang kotor, dan kebohongan sangat membantu implementasi kebijakan Anda,” lanjutnya seperti dikutip dari CBS News.

Kenapa kebohongan, terutama pada ranah politik, cenderung berulang?

Mengutip Associated Press, peneliti psikologi di University of California, Berard Palo, mengatakan berbohong adalah perilaku yang menular dan membuat ketagihan.

Dalam emailnya, Bella merasa “lebih khawatir dari sebelumnya tentang berbohong kepada masyarakat (terutama politisi, terutama Trump). Ketika sebuah kebohongan berhasil, mereka cenderung mengulanginya lagi. Berbohong memiliki konsekuensi jangka panjang, bahkan jika terungkap.”

Saat politikus berbohong yang tak cuma kebohongan yang positif (white lie), kata Simon Gaechter, pakar dari University of Nottingham, mereka berusaha keras untuk membenarkan dan merasionalisasi apa yang mereka lakukan.

“Ketidakjujuran itu menular,” kata dia. 

Ikutin terus berita terbaru dan viral, cuma di Satuviral, kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -