Monday, March 4, 2024
HomeHealthIni Gejala Awal Risiko Kaki Busuk Imbas Diabetes

Viral: Ini Gejala Awal Risiko Kaki Busuk Imbas Diabetes

Gejala Awal Risiko Kaki Busuk

Info Viral: Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Jika tidak dikontrol dengan baik, diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi, salah satunya adalah kaki busuk.

Kaki busuk adalah kondisi yang serius yang bisa menyebabkan amputasi. Hal ini terjadi karena diabetes dapat merusak saraf dan pembuluh darah di kaki. 

Kerusakan saraf yang disebut neuropati diabetik dapat menyebabkan penderita diabetes tidak merasakan sakit atau nyeri di kaki, sehingga luka kecil pun bisa menjadi serius dan tidak kunjung sembuh.

Selain neuropati diabetik, diabetes juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di kaki (aterosklerosis). Pembuluh darah yang menyempit tidak dapat mengalirkan darah ke kaki dengan baik, sehingga kaki menjadi dingin dan pucat.

- Advertisement -

Jika menderita diabetes, ada beberapa gejala awal yang bisa menjadi tanda-tanda risiko kaki busuk, yaitu:

  • Kulit kering dan bersisik
  • Perubahan warna kulit di kaki
  • Rasa kesemutan atau kebas di kaki
  • Luka yang tidak kunjung sembuh
  • Kaki terasa dingin dan pucat
  • Pembengkakan di kaki

Jika mengalami salah satu atau lebih dari gejala di atas, segera periksakan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes untuk memastikan apakah mengalami kaki busuk.

Penanganan kaki busuk tergantung pada tingkat keparahannya. Jika luka masih ringan, dokter mungkin akan meresepkan obat-obatan untuk mengobati infeksi dan membantu proses penyembuhan. 

Gejala Awal Risiko Kaki Busuk – SATUVIRAL

Namun, jika luka sudah parah, mungkin diperlukan amputasi untuk mencegah terjadinya infeksi yang lebih serius.

Cara terbaik untuk mencegah kaki busuk adalah dengan mengontrol kadar gula darah dengan baik. Kamu juga perlu menjaga kaki tetap bersih dan kering, serta rajin memeriksa kaki setiap hari untuk mencari tanda-tanda awal masalah.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -