Thursday, December 1, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralIsi Sumpah Pemuda ala Generasi Zaman Now

Viral: Isi Sumpah Pemuda ala Generasi Zaman Now

Janji Pemuda Milenial Indonesia

Info Viral: Sobat Viral, Pemuda dan Pemudi Indonesia biasa merayakan Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober. Pada masa lampau, tepat di tanggal ini para pemuda dan pemudi nusantara mengucapkan sebuah sumpah janji untuk kompak dan bersatu berjuang demi kemerdekaan Indonesia. Apakah kamu ingat isi sumpah itu?

Mungkin moment peringatan Sumpah Pemuda lebih sering diperingati oleh anak-anak muda saat sekolah. Apaah kamu mengerti makna sumpah pemuda di masa sekarang? Kira-kira kalau dimodifikasi dan disesuaikan dengan jaman now, begini isi sumpah pemuda.

Sumpah Pakai Produk Lokal Buatan Anak Bangsa

Dengan berkembangnya zaman, generasi muda lebih cenderung membeli dan menggunakan barang impor daripada barang dalam negeri. Selain model saat ini, merek juga menjadi pertimbangan “prestise” semua orang.

Padahal banyak produk dalam negeri yang sama-sama keren dan modern. Pakaian batik tradisional, misalnya, sudah mulai dikemas ke dalam berbagai gaya pakaian modern, seperti jas dan selendang.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: Karyawan Tewas Tergiling, Warga Korsel Boikot Toko roti Paris Baguette

Satuviral

Sumpah Menjaga Persatuan dan Keutuhan Bangsa Indonesia

Masyarakat Indonesia diharapkan untuk terus bersatu demi menjaga persatuan dan keutuhan Bangsa Indonesia. Artinya masyarakat Indonesia bisa saling menghargai satu sama lain tanpa memandang ras, agama dan suku.

Contoh sederhananya menanamkan rasa toleransi bagi antar umat beragama dengan mengucapkan selamat hari raya bagi yang merayakannya. Kemudian bisa juga saling menjaga ketenangan saat umat sedang beribadah di rumah ibadahnya masing-masing.

Sumpah Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Meski sederhana, masih banyak orang Indonesia yang tidak pandai menggunakan bahasa Indonesia. Banyak juga yang suka mencampur campur bahasa Indonesia dengan bahasa asing.

Contoh sederhana dari banyak kesalahan dalam menggunakan bahasa baku dalam tulisan formal. Kemudian, saat bicara sehari-hari, banyak yang tata bahasanya kurang tepat.

Sejarah Terlontarnya Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda berasal dari keputusan Kongres Pemuda dua hari pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Penyelenggaraan Kongres Pemuda II berawal dari Persatuan Mahasiswa Indonesia (PPPI).

PPPI adalah organisasi mahasiswa dari seluruh Indonesia. Di bawah inisiatif PPPI, Kongres Pemuda diadakan di tiga gedung berbeda, dibagi menjadi tiga sesi. Kemudian, Sumpah Pemuda datang setelah tiga sesi selesai.

Rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia atau Sumpah Pemuda. Dilansir situs resmi Museum Sumpah Pemuda Kemdikbud, isi naskah Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: Resmi Beli Twitter, Elon Musk Langsung Pecat Karyawan

Satuviral

Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Arti Sumpah Pemuda

Naskah Sumpah Pemuda digunakan untuk membangkitkan kesadaran seluruh rakyat Indonesia sebagai bangsa. Persatuan bangsa Indonesia menjadikan perjuangan bangsa Indonesia semakin kuat dan tidak lagi bersifat regional.

Organisasi kepemudaan awalnya berasal dari berbagai daerah, dengan perbedaan bahasa, agama, suku, adat dan budaya. Namun, keberadaan Sumpah Pemuda menyatukan pemuda dalam organisasi kepemudaan Indonesia.

Naskah Sumpah Pemuda merupakan pedoman bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya generasi muda untuk mengembangkan rasa cinta tanah air, tanah air dan bahasa Indonesia.

Dapatkan informasi celebrity gosip viral tentang para artis viral indonesia dan berita viral dengan cara mengecek cateogry di atas. Jangan sampe kudet ya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com