Saturday, March 25, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralJamur Cordyceps, Katanya Bisa Bikin Jadi Zombie?

Viral: Jamur Cordyceps, Katanya Bisa Bikin Jadi Zombie?

Jamur Cordyceps Bikin Jadi Zombie

Info Viral: Salah satu serial terpopuler saat ini, The Last of Us mengungkap infeksi jamur Cordyceps yang bisa bikin manusia jadi zombie. Emang bisa beneran?

Serial yang tayang di HBO ini dibintangi oleh Pedro Pascal dan Bella Ramsey sebagai karakter utama, Joel dan Ellie.

Ceritanya didasarkan pada video game Sony dengan nama yang sama. Bumi diceritakan dialnda pandemi yang disebabkan oleh infeksi jamur Cordyceps.

Bukan sembarang pandemi. Jamur ini bisa mengubah pasien yang terinfeksi positif menjadi makhluk seperti zombie dengan berbagai tingkat keterampilan, yakni runners, stalkers, clickers, bloaters, shamblers, hingga rat king.

Jamur Cordyceps, Katanya Bisa Bikin Jadi Zombie? - Satuviral – SATUVIRAL

Ada Jakarta di The Last of Us Episode 1

Satuviral

Joel bertugas menyelamatkan Ellie, yang tampaknya kebal atau tidak terhadap infeksi. Ellie juga dianggap sebagai harapan agar umat manusia mengembangkan vaksin dan mengakhiri mimpi buruk pandemi jamur ini.

Meski serial tersebut fiksi, jamur cordyceps sebetulnya benar-benar ada. Dalam jurnal berjudul Cordyceps spp.: A Review on Its Immune-Stimulatory and Other Biological Potentials, para pakar justru mengungkapkan manfaat dari jamur ini.

Jamur Ini Memang Menginfeksi Makhluk Lain

Cordyceps berasal dari bahasa Yunani “kordyle” yang berarti klub dan kata Latin “ceps” yang berarti kepala. Jamur ini memang menginfeksi organisme lain, terutama serangga arthropoda dan jamur lainnya.

Mereka dapat lolos ke sistem kekebalan inang dengan mengoordinasikan siklus hidup inang dengan maksud untuk bertahan hidup dan bereproduksi.

Cordyceps tumbuh dan berkembang biak sesuai dengan tanaman inangnya. Siklus hidup mereka dibagi menjadi tiga fase.

Pada tahap pertama, Cordycseps spp. Infeksi tanaman pada tahap larva oleh askospora. Ini dilepaskan ke udara dari jamur dan kuncup yang matang di musim panas dan awal musim gugur.

Pada beberapa kasus, infeksi Cordyceps spp. terjadi lewat pencernaan makanan yang telah terkontaminasi. Selanjutnya pada fase parasitisme, Cordyceps spp. makan dari usus inangnya.

Sel-sel jamur kemudian menyebar ke seluruh tubuh dan berkembang biak dengan cepat selama musim dingin. Dengan cara ini, mereka memakan semua isi perut larva, membiarkan kerangka luarnya tetap utuh.

Jamur Cordyceps, Katanya Bisa Bikin Jadi Zombie? - Satuviral – SATUVIRAL

Akting Christine Hakim di Last Of US Banjir Pujian Netizen Dunia

Satuviral

Selama proses ini, kondisi lingkungan buruk dan jamur harus tahan terhadap kondisi salju dan dingin.

Ketika musim semi dimulai dan suhu luar meningkat, endosklerotium berkecambah dan keluar melalui mulut inang, matang di musim panas, membentuk tubuh buah, dan mulai melepaskan askospora (tahap saprofit).

Cordyceps umumnya ditemukan di ketinggian antara 3600 dan 4000 meter di atas permukaan laut. Mereka juga ditemukan di Amerika Utara, Eropa, Asia, terutama di negara-negara seperti Cina, Jepang, Nepal, Bhutan, Vietnam, Korea, dan Thailand.

Di India, Cordyceps spp tumbuh di daerah seperti Kumaun Himalaya dan Garhwal Himalaya. Selain itu, spesies Cordyceps C. gunni juga ditemukan di Australia.

Jadi obat

Mengutip artikel di website MDPI, pemanfaatan Cordyceps. ini memiliki tradisi panjang di Asia sebagai obat adaptogenik, tonik, dan kemampuan untuk mengurangi kelelahan dan merangsang sistem kekebalan tubuh.

Mereka yang menggunakan Cordyceps spp. Ini adalah orang Cina, Tibet, Nepal, dan India.

Orang-orang di daerah ini biasanya mengambil Cordyceps sambil merumput. Di antara spesies Cordcyeps spp. yang sering dimanfaatkan sebagai obat adalah C. Sinensis dan C.Militaris.

Yuk, terus update bareng Satuviral. Dapatkan info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan infoviral di Satu Viral.

Advertisement

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -