Friday, January 27, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralJokowi Dapat Gelar La Ode Muhammad dari Kesultanan Buton

Viral: Jokowi Dapat Gelar La Ode Muhammad dari Kesultanan Buton

Prosesi Penyematan Peci dan Tongkat

Berita Terkini; Presiden Joko Widodo dianugerahi gelar kehormatan adat Kesultanan Buton. Ia diberi nama gelar La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara. Pemberian gelar dilakukan dalam kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Tenggara pada Selasa, 27 September 2022.

Prosesi pemberian gelar berlangsung private di Baruga Keraton Kesultanan Buton, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara. Jokowi hadir menggunakan baju adat Kesultanan Buton yang didominasi warna hitam. Pemberian gelar dilakukan oleh perwakilan Kesultanan Buton, La Ode Muhamad Arsal.

Dalam prosesi, La Ode Arsal memberikan kata sambutan. Ia lalu. menyematkan peci dan tongkat kepada Jokowi sebagai tanda secara resmi Jokowi memperoleh gelar kesultanan.

La Ode Arsal menjelaskan nama gelar itu bermakna seorang laki-laki yang memiliki sikap dan perilaku yang mulia, rendah hati, sopan santun. Juga sifat arif dan bijaksana, jujur, adil, dan bertanggungjawab.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Jokowi Pakai Baju Adat Sultra di Upacara 17an Besok, Begini Maknanya

Satuviral

“Serta memberi teladan dan panutan, memiliki komitmen yang tinggi dalam mensejahterakan. Juga memakmurkan seluruh rakyat di Nusantara (Indonesia),” kata La Ode Arsal.

Nama Gelar Berarti Laki-Laki Mulia dan Teladan

Sejumlah pejabat menghadiri penyematan gelar kehormatan adat tersebut. Beberapa diantaranya adalah Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi juga hadir dalam kesempatan itu. Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse. Juga dihadiri Sultan Buton La Ode Muhammad Izat Manarfa hadir selaku tuan rumah.

Pemberian gelar kehormatan ini dilakukan lantaran Jokowi dinilai berjasa dalam memperkenalkan budaya nusantara selama dirinya menjabat. Apalagi baru-baru ini Jokowi mengenakan pakaian adat kesultanan Buton, Baju Dolomani saat merayakan HUT RI ke 79 di Istana Negara.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Popular Categories

Ads on Satuviral