Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralJokowi Lantik Azwar Anas jadi Menpan RB, Begini Alasannya

Jokowi Lantik Azwar Anas jadi Menpan RB, Begini Alasannya

Berita Terkini; Presiden Joko Widodo resmi melantik Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negeri serta Reformasi Birokrasi( Menpan- RB). Azwar didapuk menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia karena sakit.

Jokowi melantik Azwar di Istana Negara pada Rabu (07/09). Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menerangkan alasannya memilih Azwar karena memiliki rekam jejak pemimpin yang berhasil. Azwar dinilai memiliki kinerja baik dalam reformasi birokrasi saat menjabat sebagai Bupati Banyuwangi.

“Kita seluruh ketahui Pak Azwar Anas track record- nya jelas. Waktu memegang birokrasi di Banyuwangi banyak sekali yang saya amati jauh lebih baik. Saya benar-benar amati langsung ke situ,” ucap Jokowi dalam keterangan pers seperti yang ditulis Satu Viral di Jakarta, Kamis ( 8/ 9/ 2022).

Inovasi yang pernah berhasil dilakukan Azwar, lanjut Jokowi seperti inovasi di bidang pelayanan publik, dan di urusan perizinan.

“Di urusan KTP, urusan perizinan dapat dicoba di pasar, di mal. Saya kira itu yang tercantum rekam jejak bagus dikala itu. Sehingga, track record itu yang menimbulkan kita memilah Pak Azwar Anas,” tegas presiden.

Data Penduduk Bocor, Hacker Ledek Kominfo Idiot

Satuviral

Jokowi juga memohon supaya Anas melaksanakan reformasi birokrasi secara kilat dikala jadi Menpan- RB. Tidak hanya itu, Anas dimohon menjadikan birokrasi pemerintah lebih melayani serta disiplin.

” Sekali lagi PAN- RB. RB- nya reformasi birokrasi. Jadi digarap secara kilat sehingga birokrasi kita jadi birokrasi yang melayani. Jadi birokrasi dengan ketertiban yang besar,” tegas Jokowi.

Pelantikan tersebut bersumber pada Keputusan Presiden( Keppres) No 91/ P Tahun 2022 tentang Penaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negeri serta Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019- 2024.

Sepak Terjang Kepemimpinan Azwar Anas

Azwar adalah politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan( PDI- P) kelahiran 1973. Awal mula ia berkecimpung di bidang pemerintahan adalah menjadi anggota MPR 1997 hingga 1999. Saat itu Azwar berusia 24 tahun dan disebut sebagai anggota MPR termuda.

Ia mencalonkan diri sebagai anggota DPR untuk periode 1999-2004 namun karena perolehan suara yang kurang ia gagal melenggang ke Senayan. Dan pada pemilihan umum berikutnya ia berhasil menjadi anggota DPR untuk periode tahun 2004 hingga 2009. Azwar menggantikan anggota FKB yang meninggal dunia.

Pada tahun 2010-2021 Anas menjabat sebagai Bupati Banyuwangi selama dua periode. Melalui jabatannya inilah nama Abdullah Azwar Anas diketahui luas publik. Selesai masa jabatannya, dia berprofesi selaku Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Benda/ Jasa Pemerintah( LKPP) semenjak 13 Januari 2022.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement