Thursday, December 1, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralJokowi Pakai Baju Adat Sultra di Upacara 17an Besok, Begini Maknanya

Viral: Jokowi Pakai Baju Adat Sultra di Upacara 17an Besok, Begini Maknanya

Ada Dua Pilihan Baju Adat

Berita Terkini; Memakai baju adat unik sudah menjadi tradisi Presiden Jokowi saat merayakan HUT Kemerdekaan RI di istana Merdeka. Tahun ini Jokowi berencana memakai baju adat dari Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Baubau Wa Ode Nursanti Monianse menjelaskan Pemerintah Sultra sudah mengirimkan dua pakaian adat ke istana. Pertama adalah baju adat Sultan Buton dan baju adat Kota Kendari.

“Baju adat ini sudah dikirimkan ke Istana Negara oleh Pemerintah Sulawesi Tenggara pada Minggu (14/8/2022) siang,” kata Nursanti seperti ditulis Satu Viral, Selasa (16/08).

Namun ia memperkirakan mantan Gubernur Jakarta ini bakal memakai baju adat Kesultanan Buton di Bau-bau Sultra. Pakaian adat yang dikirim merupakan baju Dolomani. Baju ini sering digunakan oleh Sultan Buton ke-35, Sultan Muhammad Ali.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Contek Ide Lomba 17 an Unik, Bikin Ketawa Ngakak

Satuviral

“Baju dolomani ini biasa dipakai pada acara-acara resmi kesultanan. Memang lazimnya berwarna hitam. Tapi ini dipesan warna merah karena suasana hari kemerdekaan. Biar sesuai tren merah putih,” ujarnya.

Walau tampak sederhana, baju adat ini sarat akan filosofi dan makna. Pertama, lanjut dia pada bentuk bunga Rongo. Bunga ini bermakna menjadi seorang pemimpin dari bawah naik ke atas, lalu turun lagi ke bawah menjadi rakyat biasa.

Kemudian terdapat ornamen tumbuhan dengan buah yang manis namun gatal. Tumbuhan ini bermakna sultan harus waspada terhadap bahaya yang mengancam daerahnya.

Lalu pada kopiah terdapat ornamen bunga dan tulisan kaligrafi maulana yang artinya sejahtera. Ornamen ini memiliki filosofi seorang pemimpin mampu membawa kesejahteraan, yang amanah dan mengutamakan kepentingan rakyat daripada pribadi.

Kisah Penjahit Baju Jokowi

Baju adat Domani yang akan dikenakan Presiden Jokowi dibuat oleh seorang penjahit bernama Husain. Pria yang tinggal di Kota Bau-bau ini menceritakan dirinya diminta membuat pakaian pada Kamis (11/08).

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

5 Film Seru Bertema Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Satuviral

 “Hari Kamis (11/8/2022) kemarin, saya di telepon. Diminta buatkan pakaian untuk bapak Presiden Jokowi.Katanya akan dipakai pada Hari Kemerdekaan,” kata dia.

Ia pun segera mengebut penjahitan baju. Bahkan ia rela lembur hingga malam hari agar baju tersebut selesai dalam waktu dua hari. Padahal biasanya ia membutuhkan waktu dua hingga tiga minggu untuk menyelesaikan satu pasang baju.

“Saya selesai maghrib langsung buat hingga mala. Total dua hari, sudah selesai semua,” kata Husain saat ditemui di tempat kerjanya, Senin (15/8/2022). 

Husein menjelaskan walau tampak sederhana, pengerjaan baju adat ini cukup rumit dan tidak boleh salah. Pasalnya terdapat banyak ornamen gambar yang memiliki filosofi yang memiliki makna. Ia mengaku sebelumnya kerap diminta membuat baju adat bagi para pejabat. 

Dia merasa bangga karena bisa membuatkan baju untuk orang nomor satu republik ini. Dirinya bahkan tak mematok tarif untuk baju spesial Presiden ini.

“Harga itu nomor dua. Pertama saya bangga sekali. Perasaan saya, alhamdulillah. Saya bisa mengerjakan RI 1. Saya tidak menyangka sama sekali butuh proses yang luar biasa,” tutup Husain.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com