Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralKades Minta Jabatan 9 Tahun, Netizen: Kalo Perlu hingga Akhirat

Viral: Kades Minta Jabatan 9 Tahun, Netizen: Kalo Perlu hingga Akhirat

Kades Minta Jabatan 9 Tahun

Info Viral: Desakan para kepala desa (kades) yang ingin memperpanjang masa jabatan menjadi 27 tahun terus disorot oleh warganet. Sebelumnya pada Rabu (25/1), kader desa berdemonstrasi di Jakarta dan menyebabkan kemacetan berkepanjangan.

Demonstrasi digelar oleh ribuan perangkat desa, staf kantor desa yang tergabung dalam Persatuan Perangkat Desa Seluruh Indonesia (PPDI), di depan Gedung DPR Senayan, Jakarta.

Kemacetan kronis di sekitar Jl. Gatot Soebroto, Jakarta dan sekitarnya tidak bisa dihindari.

Tiga Tuntutan dari Para Demonstran

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang sempat bertemu perwakilan PPDI, Selasa (24/1), mengungkap tiga tuntutan para demonstran.

Pertama, para perangkat desa protes pemberhentian dari jabatan setiap kali ada pergantian kades. Kedua, mereka juga menuntut pengangkatan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kades Minta Jabatan 9 Tahun - Satuviral – SATUVIRAL

Bukannya Marah, Begini Tingkah Unik Demonstran Sri Lanka di Istana Kepresidenan

Satuviral

Ketiga, aparat desa menuntut untuk diberikan penghasilan tetap (siltap) setiap bulannya, tidak berasal dari alokasi dana desa yang sering terlambat.

“Tentunya kita harus berdiskusi dulu dengan pemangku kepentingan soal keuangan. Menkeu, DPR, Banggar dan lain-lain,” kata Tito.

Sepekan lalu, Selasa (17/1), kepala desa yang tergabung dalam Persatuan Lembaga Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) itu berdemonstrasi di depan gedung DPR.

Nuntut Tambah Masa Jabatan

Salah satu tuntutan utamanya adalah tambahan masa jabatan enam tahun yang diatur dalam UU No 1. Pasal 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadi sembilan tahun dan bisa dipilih kembali dua kali. Alhasil, totalnya bisa mencapai 27 tahun menjabat.

“Karena memang enam tahun ini sangat kurang, karena ketika kita jabatan enam tahun, maka kami tetap persaingan poltik. Jadi tidak cukup dengan waktu enam tahun,” aku Kepala Desa Poja, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Robi Darwis, di lokasi demo, Selasa (17/1).

Menurut dia, masa jabatan enam tahun tersebut membuat persaingan calon kepala desa semakin ketat.

Kades Minta Jabatan 9 Tahun - Satuviral – SATUVIRAL

Buruh Demo Minta Upah Naik 13 %

Satuviral

“Karena kita masih ada persaingan politik dalam enam tahun itu, kita berharap ketika kita berkuasa selama sembilan tahun persaingan politik berkurang karena memakan waktu yang cukup lama,” katanya.

Sejauh ini, demo kader desa maupun kata kunci kepala desa sendiri tidak masuk trending pencarian di Twitter.

Netizen: Kasih Jabatan Seumur Hidup

Meski begitu, aksi demo yang sudah lewat sepekan ini masih membekas di benak netizen. Buktinya, mereka membaca atau tidak membaca artikel-artikel tentang demonstrasi yang baru-baru ini terjadi, mereka tetap menyuarakan penentangan terhadap tuntutan pemilihan kepala desa dari demonstrasi.

“6th itu sudah sangat panjang. Toh kalau mau menjabat lagi ya tinggal nyalon lagi & kalau memangperformancenya bagus akan terpilih lagi,” kicau akun @Lalalostme3.

“Presiden yg ngurus 1 negara aja ga selama itu masa jabatannya, ini “cuma” 1 desa aja kok minta 9th.”

Akun @yugatake menyatakan, “dah dikasih 6 tahun minta nambah, kalau bukan tamak apa namanya?”

Senada, @mhmdhdrans pun menilai tuntutan tersebut mencerminkan “Serakah sekali jadi manusia, dia @agenelitglobal malah mau seumur hidup.”

“Mau jabatan seumur hidup lagi ya?” imbuh @mamang_opik.

Yuk dapatkan berita terhangat dan Breaking News cuma di Satuviral. Biar kamu dapat info menarik dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan info terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral