Thursday, February 22, 2024
HomeTrending ViralKali Baru Depok Ditutupi Limbah Gumpalan Busa Tebal Setinggi 5 Meter

Viral: Kali Baru Depok Ditutupi Limbah Gumpalan Busa Tebal Setinggi 5 Meter

Limbah Busa Tebal Setinggi 5 Meter

Info Viral – Limbah berbusa seperti awan menutupi Curug Kali Baru di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.

Busa yang tebalnya diperkirakan mencapai 5 meter, awalnya tampak sebagai busa tipis, kemudian menebal dan semakin tinggi hingga hampir menutupi dinding belakang rumah warga di sepanjang sungai.

Warga mengatakan gelembung busa tersebut awalnya muncul sekitar pukul 16.00 WIB dan kemudian mulai mereda pada pukul 20.00 WIB.

Kabar limbah busa di Depok tiba-tiba tersebar dan heboh, banyak masyarakat yang datang untuk menyaksikan dan merekam video fenomena tersebut.

- Advertisement -
Kali Baru Depok Ditutupi Limbah Gumpalan Busa Tebal Setinggi 5 Meter – SATUVIRAL

Abdul Rahman, Kepala DLHK Depok, mengatakan hujan deras menyebabkan drainase meningkat dan terbentuknya campuran dalam jumlah besar sehingga menyebabkan busa deterjen menggumpal di permukaan.

“Dugaan sementara karena limbah lokal deterjen ya. Memang peralihan dari musim kemarau ke hujan ini, kan akumulasi dari limbah domestik, ya. Limbah domestik itu paling banyaknya deterjen, kemudian aliran besar sehingga itu kan teraduk,” kata Abra Selasa (28/11/2023).

“Memang di sekitar situ ada juga perusahaan-perusahaan, dan hari ini kita bagi tim. Ada yang susur badan sungai dan ada yang ke sumber-sumber (pabrik) itu. Tim termasuk Damkar, Pol PP dan pemerintah setempat, kita akan melaporkan,” ujar dia.

Berdasarkan keterangan warga setempat, mulanya yang terlihat hanya busa tipis saja. Namun, kian lama busa bertambah tebal hingga menutup dinding luar sebuah rumah yang ada di dekat kali. Busa tersebut pun mengeluarkan aroma tidak sedap. Bukan wangi seperti busa deterjen umumnya.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Pemkot Kota Depok, serta pemadam kebakaran pun akhirnya turun tangan menyelidiki penyebab dari busa tebal yang menutupi Kali Baru ini.

Sementara pemadam kebakaran mencoba menghilangkan busa agar tidak semakin meninggi, DLHK dan Pemkot mengatakan dugaan kemunculan busa bisa jadi dari limbah buangan pabrik sekitar sungai atau detergen yang teraduk.

Karena, pergantian musim menyebabkan limbah domestik seperti deterjen yang mengendap di bawah kali teraduk sehingga menimbulkan busa.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -