Saturday, January 28, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralKasus Lagi Naik, WNA China Boleh Masuk Indonesia Tanpa Tes Covid-19

Viral: Kasus Lagi Naik, WNA China Boleh Masuk Indonesia Tanpa Tes Covid-19

Imun Warga Indonesia Lawan Covid-19 Sudah Kuat

Info Viral: Pemerintah Indonesia tidak mewajibkan syarat hasil tes negatif COVID-19 untuk turis atau warga negara asing (WNA) China yang masuk ke Indonesia. Keputusan ini menimbulkan pro dan kontra di masyarakat di tengah lonjakan virus Corona di China.

Padahal banyak negara lainnya sudah mensyaratkan tes negatif Corona untuk turis China. Negara itu diantaranya Amerika Serikat (AS), Korea Selatan, dan Australia. Juru bicara Kementerian Kesehatan RI, Mohammad Syahril mengatakan pemerintah memiliki sejumlah alasan tidak memberlakukan tes Covid ini.

Viral: Pasien Covid di China Membeludak, Obat dan Peti Jenazah Langka

Satuviral

“Hal ini karena antibodi masyarakat Indonesia. Baik yang berasal dari vaksinasi, maupun infeksi alami. Diyakini sudah cukup kuat,” kata Syahril ditulis Satu Viral di Jakarta, Sabtu (07/01/2023).

WNA China di Bandara- Satu Viral – SATUVIRAL
WNA China di Bandara

Selain itu, ia melanjutkan varian virus yang merebak di China belakangan ini, sudah pernah masuk ke Indonesia. Hasilnya, antibodi ‘warga +62’ sudah cukup kuat menangkal varian itu.

“Varian yang saat ini merebak di China yaitu BA5.2, BA.2.75, dan BF7. Sudah masuk ke Indonesia dan dapat dikendalikan. Jadi kita tidak perlu khawatir berlebihan,” kata Syahril.

WNA Masuk Indonesia Tetap Wajib Test Covid-19

Satu suara, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menjelaskan seluruh turis asing maupun warga negara Indonesia yang kembali dari luar negeri (PPLN) tidak perlu membawa surat keterangan negatif Covid-19.

Namun mereka semua tetap wajib ikut pemeriksaan kesehatan ketat di bandara. Ia menambahkan bila ada individu yang punya gejala virus Corona, maka PPLN atau WNA wajib menjalani pemeriksaan tes RT-PCR.

Mereka dilarang keluar dari bandara dan harus menunggu di kamar hotel. Pihak kesehatan bandara akan mengkarantina sementara di hotel sampai hasil keluar.

“Bila hasilnya positif COVID-19, akan ditangani dengan perawatan untuk pasien positif COVID-19. Jadi tidak perlu khawatir penderita Covid dari luar masuk ke Indonesia,” jelasnya.

Viral: Kisah Tiko, Rawat Ibu Eny Tanpa Listrik dan Air Belasan Tahun

satuviral

Bukan hanya pemeriksaan, para turis PPLN dan WNA wajib memenuhi sejumlah persyaratan dokumen perjalanan. Seluruh dokumen akan diperiksa saat tiba di bandara di wilayah Indonesia.

“Syarat dokumen kedatangan PPLN ke Indonesia adalah wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Juga sudah vaksin COVID-19 dosis kedua minimal 14 hari sebelum berangkat kecuali usia di bawah 18 tahun,” pungkasnya.

Kasus Covid-19 di China Melonjak Sejak Desember 2022

Sebelumnya kasus Covid-19 di negara Cina sedang meroket tajam. Jumlah pasien di sejumlah rumah sakit kembali membludak. Hal ini membuat rumah sakit sampai menolak pasien akibat kekurangan tempat tidur dan ruangan perawatan.

Pasien Covid di Tiongkok- Satu Viral – SATUVIRAL
Pasien Covid di Tiongkok- Satu Viral

Tenaga medis yang menangani Covid-19 juga semakin terbatas. Rumah duka kembali dipenuhi jenazah dan peti mati. Para penggali kuburan juga kembali sibuk mengubur ratusan peti jenazah setiap harinya.

Pemerintah Negeri Bambu membenarkan adanya kenaikan penderita Covid terutama lansia sejak akhir Desember 2022.

Anti kudet dengan baca Satu Viral. Kamu bisa dapat info viral, berita terkini, gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia,  dan berita viral disini.

Popular Categories

Ads on Satuviral