Advertisement
Saturday, October 1, 2022
HomeTrending ViralKemenhan Ciptakan Motor Listrik Militer, berikut Spesifikasinya

Kemenhan Ciptakan Motor Listrik Militer, berikut Spesifikasinya

Baterai 1200 Watt dan Daya Tempuh 80 km

Berita Terkini; Kementerian Pertahanan tengah mengembangkan motor listrik untuk militer. Baru-baru ini motor listrik Electric Tactical Motor Bike (Eltran) resmi mendapatkan sertifikat prototipe produk. Sertifikat ini diserahkan dari Pusat Penelitian dan Pengambangan (Puslitbang) Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Eltran merupakan sepeda motor elektrik militer dalam negeri pertama yang diproduksi oleh Litbang Kemenhan. Penciptaan motor listrik ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) No.55/2019 mengenai kendaraan listrik yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sertifikasi tersebut didapatkan Eltran di Pusat Pendidikan Kavaleri (Pusdikav) di Ngamprah, Jawa Barat, pada Kamis (15/9/2022). Kabalitbang Kemhan Marsekal Muda TNI (Purn.) Julexi Tambayong mengatakan pihaknya tengah bersiap untuk memproduksi massal motor listrik ini.

PNS Bakal Punya Mobil Dinas Bertenaga Listrik, Segini Harganya

Satuviral

Motor listrik ini memiliki kapasitas baterai 1200 watt dan daya tempuh 80an kilometer. Eltran memiliki kemampuan pengisi daya dengan cepat hanya dua jam. Motor ini juga diklaim ramah lingkungan karena minim pengeluaran gas beracun.

“Ini menjadi rintisan kita bersama. kita terbuka dengan semua masukan, terutama dari pengguna. Sehingga nantinya tidak ada alasan untuk kita menolaknya. Terutama saat penggunaannya di tugas-tugas operasi,” ujar Julexi.

Adapun Electrical Tactical Motorbike itu sebelumnya telah melalui sejumlah tahap pengujian yang terdiri dari 80 protokol. Hal yang diuji antara lain pengereman, halang rintang, getaran pendek. selain itu juga diuji perlambatan, pengereman kering dan basah, daya belok, tanjakan, hingga percepatan.

Tahap Awal di Sebar ke Maluku

Kemampuannya juga bisa menerobos rintangan tegak, rintangan miring, termasuk tanjakan dengan tingkat kemiringan 60 derajat. Di tahap awal, Kemenhan sudah memberikan 40 motor tersebut ke (Kodim) 1503/Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Provinsi Maluku sebagai uji coba.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menginstruksikan jajarannya, termasuk TNI, untuk beralih menggunakan kendaraan dinas listrik. Khusus buat TNI didorong memanfaatkan program konversi, yaitu mengubah kendaraan dinas berbahan bakar menjadi kendaraan dinas listrik berbasis baterai.

Jokowi menginstruksikan kendaraan yang sebelumnya ditopang mesin bakar menjadi mengandalkan baterai. Nantinya, dapat dimanfaatkan buat kegiatan operasional kedinasan atau perorangan.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,601FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
286FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement