Advertisement
Thursday, September 29, 2022
HomeTechKeren! Robot Humanoid yang Bisa Berekspresi dan Bergerak Seperti Manusia

Keren! Robot Humanoid yang Bisa Berekspresi dan Bergerak Seperti Manusia

Mampu Tirukan 17 Emosi Manusia

Info Viral; Sobat Viral pasti taukan film The Terminator yang menceritakan tentang robot canggih berbentuk seperti manusia. Sebentar lagi robot seperti manusia akan terwujud. Perkembangan teknologi kini membuat penciptaan robot makin sempurna.

Baru-baru ini perusahaan dari Inggris berhasil menciptakan robot yang mampu berekspresi dan menampilkan emosi seperti manusia. Robot Humanoid Engineered ini bernama Ameca. Perusahaan pencipta robot ini bernama robotika Engineered Arts.

Perusahaan asal Inggris ini menanamkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) pada robot Ameca. Emosi wajah itu didapatkan dari sistem hybrid yang menggabungkan AI dan juga operator manusia yang menentukan ekspresi serta ucapan Ameca. Untuk bisa mengekspresikan emosi, Ameca dilengkapi oleh 17 motor di bagian kepala.

“Ameca adalah robot berbentuk manusia tercanggih di dunia yang mewakili garis depan teknologi robotika manusia. Ameca adalah platform robot humanoid yang sempurna untuk interaksi manusia-robot,” tulis laman Engineered Arts seperti ditulis Satu Viral, Kamis (18/08).

Viral! Robot Seks Punya Kepribadian dan Bicara Inggris Aksen Scotland

Satuviral

Dalam satu video, Ameca mengerutkan kening ketika seorang karyawan di mengulurkan tangan untuk menyentuh hidungnya. Ameca juga dengan mulus meraih tangan karyawan itu agar jari karyawan tidak lagi menyentuh hidungnya.

Dapat terlihat pula Ameca mengeluarkan emosi-emosi, seperti rasa ingin tahu, ketakutan, dan kegembiraan saat berinteraksi dengan seorang karyawan ini.

CEO Engineered Arts Will Jackson menyatakan perusahaan telah menciptakan ribuan robot yang sudah digunakan untuk berbagai macam keperluan. Robot-robot dari Engineered Arts, biasanya digunakan oleh para akademisi untuk penelitian.

Selain itu, perusahaan juga kerap memanfaatkan robot untuk berbagai aksi publisitas. Mereka pun menempatkan robot-robot di museum, bandara, serta mal untuk menyambut pengunjung.

“Di mana pun Anda memiliki banyak orang untuk berinteraksi, kini robot mulai bisa ditemui di sana,” kata Will dilansir Satu Viral dari The Verge.

Robot Ameca Untuk Bantu Pelayanan Publik

Engineered Arts Didirikan sejak 2005. Perusahaan kini telah mampu menghasilkan uang dengan menjual robotnya untuk tujuan hiburan dan pendidikan.

Dalam waktu dekat, Engineered Arts ingin melengkapi robotnya dengan perangkat lunak chat bot yang lebih canggih. Upgrade ini, memungkinkan para robot besutannya, merespons pertanyaan dengan lancar tanpa bimbingan manusia.

Jackson pun mengatakan, langkah selanjutnya untuk Ameca adalah versi berjalan. Dia menunjukkan sepasang prototipe kaki logam, menekuk dan meluruskan lutut.

Jackson mengungkapkan, karya tersebut justru pada akhirnya mengingatkan dia pada keindahan alam. Semakin dia mencoba untuk menciptakan kembali tubuh manusia, semakin besar rasa “kagum dan heran” yang ia miliki.

Elon Musk Mengatakan Robot Optimus Tesla Dapat Mulai Produksi pada 2023

Satuviral

Hal ini juga sekaligus meningkatkan kesadarannya tentang seberapa jauh kecerdikan manusia harus bersaing dengan teknologi di masa depan. Jack melanjutkan Ameca mungkin tidak akan digunakan di level rumah tangga. Tapi di industri jasa pelayanan seperti hotel dan restoran. Robot Ini juga bisa dilatih menjadi Chef di dapur.

Robot Humanoid tersebut pertama kali dipamerkan pada Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, beberapa bulan lalu.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,603FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
284FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement