Advertisement
Thursday, September 29, 2022
HomeTrending ViralFakta Dibalik Penetapan 1 Juni Jadi Hari Lahir Pancasila

Fakta Dibalik Penetapan 1 Juni Jadi Hari Lahir Pancasila

Bermula dari Pidato Soekarno

Berita Viral Bangsa Indonesia memperingati 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila. Bagaimana sejarahnya hingga 1 juni ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila?

Awal mula lahirnya Pancasila ditandai oleh pidato Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Ia mengemukakan konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Sidang tersebut berlangsung pada tanggal 1 Juni 1945.

Sebelumnya sidang BPUPKI dimulai tanggal 28 Mei 1945. Saat sidang pada 29 Mei 1945,para anggota BPUPKI mendiskusikan tema dasar negara.

Kemudian Muhammad Yamin mengusulkan dasar negara berupa Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, serta Kesejahteraan Rakyat.

Dikecam Netizen, Gofar Undur Diri dari Prambors

Satuviral

Selanjutnya, pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno mengutarakan gagasan dasar negara yang disebut dengan Pancasila.

Panca artinya lima. Sementara, sila bermakna prinsip atau asas. Usai terbentuk Presiden Pertama Indonesia kemudian dengan mantap membacakan naskah dasar pancasila di depan sidang.

Merunut sejarah ini, Pemerintah menetapkan 1 Juni setiap tahunnya sebagai hari lahir Pancasila.

Kapan di Tetapkan Sebagai Tanggal Merah?

Penetapan Hari Lahir Pancasila sebagai hari besar nasional dan hari libur dimulai zaman Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan hal ini melalui peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka, Bandung pada 2016 lalu.

Ketetapan Hari Lahir Pancasila juga tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 Presiden Joko Widodo.

Menurutnya kelahiran Pancasila memunculkan dasar Negara dalam penyusunan kemerdekaan Indonesia. Perumusan Pancasila menghasilkan naskah Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 oleh Panitia Sembilan.

Piagam Jakarta ini disepakati menjadi rumusan final pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Cuitan Livy Renata Tentang Eril dikecam Netizen , Ini Isinya

Satuviral

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dilaksanakan secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Acara dilaksanakan hari Rabu tanggal 1 Juni 2022 pukul 09.00 WITA.

Upacara peringatan juga dilaksanakan oleh masing-masing instansi pemerintah pusat dan daerah serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

Acara akan dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, kementerian/ lembaga, pemerintahan daerah provinsi, kabupaten/kota. Juga dari perwakilan negara sahabat di Indonesia. Masyarakat dapat menyaksikannya secara luring dan daring.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Kumpulan Berita Viral SatuViral

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,603FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
284FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement