Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralKisah Dusun Memek di Jawa Timur

Kisah Dusun Memek di Jawa Timur

Bukan Berarti Alat Kelamin Wanita

Info Terkini; Nama sebuah dusun di Jombang Jawa Timur mendadak viral di sosial media. Bagaimana tidak, nama dusun tersebut adalah Dusun Memek. Nama dusun itu menjurus ke alat kelamin wanita.

Dusun Memek berada di Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang. Namanya dipajang dengan jelas pada gapura masuk ke kampung ini. Tidak hanya itu, Dusun Memek juga disematkan pada kartu identitas para penduduknya.

Kepala Dusun Memek, Supono menegaskan arti nama dusun ini bukan nama alat kelamin wanita. Namun ia tidak tahu pasti apa arti nama dusun tersebut.

“Namanya memang Memek. Dibacanya e seperti e di memar atau e di remuk. Artinya juga bukan alat kelamin wanita lho,” ungkap Supono.

Supono mengatakan ada banyak cerita terkait asal-usul nama kampung tersebut. Namun semuanya tidak ada yang bisa dipercayai. Sebab hanya sebatas cerita turun temurun yang tidak ada bukti konkritnya.

Viral! Mahasiswa UIN Jember Joget Dalam Masjid, Fakta dibaliknya Mengejutkan

Satuviral

Ia melanjutkan tidak ada pula prasasti atau surat-surat yang menjelaskan asal mula nama unik dusun ini. Dirinya menjelaskan nama dusun ini sudah ada sejak ayahnya lahir.

Tetua Dusun Memek, Sarmin (70) mengatakan kampung ini dulu kala bernama Dusun Katul. Menurutnya, dalam bahasa Jawa, katul mempunyai arti dedak dan alat kelamin perempuan. Cerita ini ia dapatkan dari bapaknya, almarhum Saleh Somoastro yang meninggal sekitar tahun 1974.

“Kemudian diubah menjadi Memek. karena Katul dinilai tidak pantas. Kira-kira ya diubah mbah-mbah kami dulu. Saya tidak tahu kapan itu. Bapak saya tahunya ceritanya seperti itu,” kata Sarmin.

Selain itu ada juga kisah yang mengatakan nama itu muncul berkaitan dengan keberadaan punden Dok Katul di sawah sebelah utara kampung. Menurut Sarmin, dok berasal dari kata ledok yang artinya sawah. Sedangkan katul adalah nama dusun kelahirannya pada zaman dulu.

Cerita yang hampir sama disampaikan Sukardi (53), guru mengaji di Dusun Memek. Ia mengaku mendengar cerita tersebut dari para orang tua dulu. Menurutnya, nama Memek berkaitan dengan Punden Dok Katul. Namun Sukardi tak yakin arti kata Memek menjurus ke alat kelamin wanita.

IG Story Kini Berdurasi Sampai 60 Detik, Begini Cara Mengubahnya

Satuviral

“Di sawah dusun ini kan ada punden bernama Dok Katul. Katul kan artinya kemaluan perempuan. Memek, dari kata mek-mek artinya memegang. Kaum pria kan suka memegang kelamin perempuan,” ungkapnya.

Kerap Jadi Tempat Selfie

Kepala Dusun Supono mengatakan nama dusun dipajang jelas dalam dua Gapura yang berada di pintu masuk dan pintu keluar dusun. Karena namanya yang unik, gapura ini kerap menjadi tempat selfie bagi para pengguna jalan. Ada juga para pengantar barang atau makanan yang juga berselfie.

Meski begitu, warga setempat sama sekali tidak ingin mengubah nama tersebut. Mereka tidak berani mengubah nama dusun ini. Supono mengatakan dusun ini memiliki luas 32,9 hektare. Saat ini dusun dihuni hanya 66 kepala keluarga (KK).

“Hanya ada dua RT, yakni RT 1, dan RT 2. Jumlahnya ada 66 KK, dari dua RT Dusun Memek. Pekerjaannya disini sebagian besar petani,” pungkas Supono.

Kalian tertarik berfoto di depan gapura dusun ini sobat Viral?

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement