Saturday, December 10, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralKNKT Ungkapkan Penyebab Kecelakaan Maut Truk di Bekasi

Viral: KNKT Ungkapkan Penyebab Kecelakaan Maut Truk di Bekasi

Bukan Rem Blong dan Bukan Pengemudi Mengantuk

Berita Terkini; Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) membeberkan penyebab kecelakaan truk tronton di depan SDN Kota Baru Bekasi. Kecelakaan terjadi akibat truk kelebihan muatan dua kali lipat. Hal ini membuat rem truk tidak mampu menahan beban muatan saat truk hendak berhenti.

Investigator senior Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan berujar temuan ini muncul usai pihaknya melakukan investigasi. Serta menghitung berat badan yang diangkut truk. Mirisnya pengemudi truk tidak diberi tahu apa isi muatan truknya.

“Ada kelebihan muatan lebih dari dua kali lipat yang ditemukan pada truk trailer tersebut. Pengemudi juga gatau isi dan spesifikasi muatan. Cuma bilang disuruh bawa trailer baru,” tutur Wildan kepada Satu Viral melalui keterangan pers yang ditulis di Jakarta, Rabu (07/09).

Wildan melanjutkan berdasarkan data yang ia himpun, daya motor kendaraan itu tercatat 191 kilowatt. Sementara muatan keseluruhan idealnya maksimal 34,72 ton. Namun saat ditimbang berat kendaraan dan barang angkut keseluruhan tercatat 70,56 ton.

“Artinya ada kelebihan muatan hingga 103,22 persen atau lebih dari dua kali lipat. Ini sudah jauh melampaui dari kemampuan mesin,” tutur Wildan.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Gaya Pinangki Sirna Malasari Saat Bebas dari Tahanan Disorot

Satuviral

Pada saat kejadian, kata Wildan, truk tersebut berada pada posisi gigi 7 dengan muatan yang kelebihan berat. Hal ini jelas membuat sistem rem tidak mampu mengakomodasi energi kinetik. Sehingga berujung pada kegagalan pengereman.

“Ini bukan rem blong. Namun gaya pengereman yang dihasilkan oleh kendaraan tidak mampu menghentikan roda ban karena keberatan muatan,” tutur Wildan.

Pengamat Sebut Kelebihan Muatan Merusak Jalanan

Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menilai permasalahan kelebihan ukuran dan kelebihan muatan (ODOL) pada angkutan barang telah lama terjadi. Pengawasan pemerintah pada muatan perlu ditingkatkan untuk mengurangi kasus ODOL.

Hal ini membuat sejumlah kecelakaan kerap terjadi apda Truk besar. Bukan hanya kecelakaan, ODOL bisa menimbulkan kerusakan infrastruktur jalan, jembatan, dan pelabuhan. Juga menimbulkan polusi udara, serta menyebabkan ketidakadilan dalam usaha pengangkutan logistik.

Kecelakaan maut truk terjadi di Jalan Sultan Agung KM 28,5 Kelurahan Kota Baru, Kota Bekasi, Rabu (31/8/2022) siang. Truk tronton menabrak pedagang makanan, sejumlah siswa dan halte di depan SDN Kota Baru II dan III Bekasi. Akibat peristiwa ini 10 orang meninggal dunia di lokasi. Tujuh dari 10 korban adalah anak-anak SD.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com