Advertisement
Saturday, October 1, 2022
HomeTrending ViralKonten Youtube Bisa Jadi Jaminan Pinjaman Bank, Begini Persyaratannya

Konten Youtube Bisa Jadi Jaminan Pinjaman Bank, Begini Persyaratannya

Youtuber Wajib Punya Sertifikat HAKI

Berita Terkini : Kabar gembira nih bagi sobat Viral yang jadi Youtuber atau pekerja seni. Kalian bisa mengajukan pinjaman ke bank dan menggadaikan video ciptaan kalian di Youtube. Namun para youtuber harus memenuhi sejumlah persyaratan.

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menjelaskan produk kekayaan intelektual seperti film, video dan lagu bisa dijadikan jaminan utang ke lembaga keuangan bank maupun non bank.

Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif. PP ini sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 12 Juli 2022 lalu.

Yasonna melanjutkan syarat pertama untuk dapat mengajukannya adalah konten Youtube sudah memiliki sertifikat kekayaan intelektual (HAKI) atau merek dagang. Kedua viewers di video jumlahnya sudah jutaan. Ketiga akun youtubers sudah termonetisasi alias sudah bisa menghasilkan uang dari iklan.

Remaja SCBD Dilarang Catwalk di Zebra Cross Citayam Fashion Show

Satuviral

“Jadi kalau kita mempunyai sertifikat kekayaan intelektual, atau merek kah, atau hak cipta kah, hak cipta lagu kah lalu lagu kita ciptakan masuk ke Youtube. Kalau sudah jutaan viewers, itu sertifikatnya sudah mempunyai nilai jual. Kalau kita tiba-tiba membutuhkan uang kita bisa gadaikan di bank,” kata Yasonna kepada awak media di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Jumat (22/7/2022).

Ia menjelaskan prosedur peminjaman adalah pertama calon peminjam membawa sertifikat HAKI. Bank kemudian akan menghitung dan memperkirakan berapa nilai atau besaran uang yang bisa dihasilkan dari karya tersebut.

“Semakin tinggi value dan potensi dari karya cipta, merek atau paten yang dimiliki tersebut maka nilai pinjaman pun akan semakin besar,” lanjutnya.

Karenanya, Ia mengajak masyarakat dan pemerintah daerah peduli terhadap kekayaan intelektual (KI) yang dibuatnya. Ia mendorong seniman dan masyarakat rajin melakukan pencatatan karya intelektual.

Sehingga karya maupun inovasi jadi terlindungi dna dapat menghasilkan uang. Selain itu HAKI dapat menjadi salah satu alat bukti saat terjadi pelanggaran oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Sebagai informasi saat ini ada 17 sub sektor di bidang ekonomi kreatif. Sektor itu terdiri dari pengembang permainan, desain interior, arsitektur, musik, seni rupa, fesyen, dan desain produk. Ada juga subsektor kuliner, film animasi dan video, desain komunikasi visual dan fotografi. Selain itu juga termasuk televisi dan radio, kriya periklanan, seni pertunjukan, penerbitan, dan aplikasi.

Sineas Sambut Positif

Terdampak Perang Rusia-Ukraina, Harga Mie Instan Naik, Segini Harganya

Satuviral

Sutradara Fajar Bustomi menyambut positif peraturan baru ini. Menurut Fajar, aturan itu nantinya akan membantu para seniman dan pelaku industri kreatif yang kekurangan dana untuk berkarya.

“Bisa membantu para seniman yang lagi kesulitan pendanaan. Tapi kalau bisa, kita berkarya jangan utang-utang dech,” kata Fajar Bustomi.

Produser dari rumah produksi Falcons Picture, Frederica setuju dengan peraturan ini. Falcon Pictures sudah cukup lama memberikan penghargaan atas kekayaan intelektual kepada penulis yang naskahnya diadaptasi dalam bentuk film.

“Saya setuju kekayaan intelektual memang harus diapresiasi sebagaimana kita mengapresiasi aktor-aktor kita. Misal Warkop, kita juga membayar lisensi kepada ahli waris,” jelas Fransiska.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,601FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
286FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement