Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralKota Kuno ditemukan di Dalam Hutan Belantara Guatemala, Punya Lapangan Bola

Viral: Kota Kuno ditemukan di Dalam Hutan Belantara Guatemala, Punya Lapangan Bola

Ada Permukiman, Jalanan Hingga Lapangan Bola

Info Viral: Para ilmuwan dan peneliti baru-baru ini menemukan sebuah kota bangsa Maya kuno yang terkubur dalam tanah. Kota kuno itu tersembunyi di hutan hujan Guatemala. Melansir Metro.co.uk, para ilmuwan menemukannya dengan menggunakan teknologi laser.

Kota kuno ini mencakup 650 mil persegi melintasi wilayah cekungan karst Mirador-Calakmul dekat perbatasan Meksiko. Menurut para arkeolog, kota kuno ini sudah ada sejak 2.000 tahun lalu.

Viral: Viral Video TikTok Pramugari Yeti Airlines Sebelum Jatuh di Nepal

Satuviral
Peninggalan suku maya- Satu Viral – SATUVIRAL
Peninggalan suku maya- Satu Viral

Ilmuwan menjelaskan kota ini memiliki hampir 1.000 permukiman yang dihubungkan oleh jalan lintas sepanjang seratus mil.

Bangsa Maya menggunakan jalan lintas ini untuk bergerak di sekitar area tersebut..Temuan lain dari kota kuno ini adalah sisa-sisa platform dan piramida. Kemudian, ada waduk dan saluran yang harus digunakan untuk menampung air.

Ditemukan dengan Teknologi Laser

Penelitian dilakukan dengan survei udara menggunakan teknologi Lidar. Cara kerjanya adalah dengan menembakkan laser dari pesawat. Cahaya kemudian akan dipantulkan untuk membentuk gambar lanskap.

Teknologi Lidar ini memungkinkan para ilmuwan untuk melihat lekukan dan jalur di bawah permukaan yang telah tersembunyi selama berabad-abad. Hebatnya, sinar laser mampu menembus hutan dan cuaca setempat.

Viral: Reaksi Ferdy Sambo Usai dituntut Penjara Seumur Hidup

Satuviral
Peninggalan suku maya- Satu Viral – SATUVIRAL
Peninggalan suku maya

Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan di jurnal Ancient Mesoamerica. Ia mencatat bahwa data Lidar udara dapat mengungkap masyarakat jaman kuno benar-benar membangun kota mereka dengan infrastruktur yang luar biasa. Hal ini mencerminkan peradaban manusia di jaman itu sangat tinggi.

Selain itu, para peneliti menemukan juga permukiman yang padat penduduknya. Bahkan  beberapa permukiman memiliki lapangan bola di sebelahnya. Ini menandakan bahwa orang-orang Maya juga sudah mengenal olahraga bola.

Mereka juga percaya bahwa beberapa wilayah kota kuno digunakan sebagai pusat politik, pekerjaan, atau rekreasi. Ini menunjukkan kota kuno suku Maya memang sudah hebat pada masa itu.

Selain itu para peniliti percaya di daerah di kota kuno itu digunakan sebagai pusat politik, pekerjaan, atau hiburan. 

Anti kudet dengan baca Satu Viral. Kamu bisa dapat info viral, berita terkini, gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia,  dan berita viral disini.

Popular Categories

Ads on Satuviral