Friday, January 27, 2023
- Advertisement -
HomeKulinerKuliner Khas Gunungkidul yang Wajib Dicoba

Viral: Kuliner Khas Gunungkidul yang Wajib Dicoba

Ini Kuliner Khas Gunungkidul

Info Viral: Kuliner Khas Gunungkidul memang selalu memanjakan lidah. Bagaimana tidak dari banyaknya kuliner, Gunungkidul punya makanan dengan cita rasa khas.

Bagi para traveller dan turis, ada beberapa tempat untuk mencoba berbagai makanan khas yang bisa ditemukan.

Ada beberapa makanan khas yang wajib dicoba saat berkunjung ke Gunungkidul.

Viral: Buka di Senopati, Kafe Ini Sajikan Kopi Guatemala Terbaik

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Seafood

Dengan banyaknya destinasi pantai, tentu hidangan laut menjadi salah satu kuliner khas Gunungkidul. Misalnya sajian lobster yang wajib kamu coba saat datang ke Pantai Timang dan Pantai Sepanjang.

Wisatawan bisa menyantap seafood sambil mengagumi pantai berpasir biru.

Gatot Tiwul

Makanan legendaris ini dulunya merupakan makanan pokok masyarakat Gunungkidul. Namun seiring berjalannya waktu, Tiwul menjadi makanan ringan sehari-hari atau sering disimpan sebagai oleh-oleh saat wisatawan berkunjung.

Tiwul adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong kering yang kemudian diolah menjadi tepung. Tepung ini kemudian dikukus menjadi Tiwul.

Viral: 3 Kopi Termahal Di Dunia, Secangkir 2,3 Juta

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Teksturnya yang manis dan gurih dipadukan dengan lelehan gula merah memberikan rasa Tiwul yang unik dan nikmat. Wisatawan yang datang ke Gunungkidul tidak boleh melewatkan untuk mencicipi makanan khas ini.

Walang Goreng

Seperti namanya, walang atau belalang, makanan unik dan khas ini tentu saja berasal dari belalang yang digoreng. Di daerah lain, serangga ini dapat dianggap sebagai hama pengganggu.

Namun, berkat keterampilan dan kreatifitas masyarakat Gunungkidul dalam mengolah serangga berprotein tinggi tersebut, Walang Goreng menjadi jajanan klasik yang gurih, renyah, dan gurih.

Selain rasa aslinya, Walang Goreng juga memiliki varian rasa seperti asin, manis, dan pedas.

Wisatawan dapat dengan mudah menemukan jajanan khas karena Walang Goreng mudah ditemukan di banyak tempat. Kamu bisa dapatkan di pinggir jalan dan toko suvenir.

Dengan harga yang murah, wisatawan bisa langsung menikmati walang goreng ini atau membungkusnya sebagai oleh-oleh.

Bakmi Jawa Piyaman

Makanan tersebut mengambil namanya dari desa asalnya yaitu Piyaman. Desa Gunungkidul ini memang tempat paling banyak orang berjualan mie jawa. Itu sebabnya orang menyebut kawasan ini Kampung Bakmi Jawa.

Bakmi Jawa Piyaman memiliki cita rasa bakmi Jawa yang unik sehingga pengunjung harus mencobanya sambil menjelajahi Gunungkidul.

Sayur Lombok Ijo

Seperti namanya, sayuran ini berbahan dasar cabai hijau yang dicampur dengan irisan tempe dan dimasak dengan santan serta bumbu lainnya.

Sayur lombok hijau biasanya disajikan dengan nasi merah, gudek daun pepaya, trancam, tahu bacem dan empal goreng.

Berbagai restoran di Gunungkidul menawarkan menu masakan khas Gunungkidul yang lengkap. Jadi wisatawan harus mencoba menu ini ketika berada di Gunungkidul.

Tentunya Gunungkidul memiliki beragam makanan dan tempat wisata yang kurang dikenal, yang menjadi pilihan wisatawan ke DIY untuk berlibur.
Khusus buat kamu info terbaru cuma di Satu Viral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral