Friday, January 27, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralLima Hal Unik di Prosesi Siraman Kaesang Pangarep - Erina Gudono

Viral: Lima Hal Unik di Prosesi Siraman Kaesang Pangarep – Erina Gudono

Siraman Dilakukan di Dua Tempat

Info Viral: Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjalani prosesi siraman di rumah masing-masing. Prosesi ini dilakukan satu hari menjelang moment ijab kabul yang akan digelar Sabtu (10/12) di Yogyakarta.

Erina Gudono melakukan prosesi siraman di rumahnya di Dusun Purwosari RT 03/ RW 59 Sinduadi, Mlati, Sleman. Sementara, prosesi siraman Kaesang Pangarep di rumah pribadi Presiden Joko Widodo di Sumber, Solo, Jawa Tengah.

Terlihat sejumlah hal unik tak biasa turut dilakukan keduanya. Ini dia 5 hal unik di prosesi siraman Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Viral: Bocoran Bentuk Suvenir Pernikahan Kaesang dan Erina Seharga Ratusan Ribu

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Siraman Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Pakai Dua Adat Yakni Yogyakarta dan Solo

Erina sekeluarga memilih memakai adat Yogyakarta dalam kegiatan siraman ini. Sementara Kaesang menggunakan adat Solo. Walau tampak sama, kedua adat siraman itu memiliki sejumlah perbedaan.

Perbedaan adat siraman kedua wilayah itu terletak pada sadean dawet. Siraman adat Yogyakarta tidak menggunakan prosesi sadean dawet. Pada acara siraman adat Yogyakarta, ada tujuh prosesi dalam siraman. Sementara pada adat Solo ada sembilan prosesi adat.

Viral: Sebelum Ijab Kabul, Kaesang – Erina Adakan Ritual Siraman Tujuh Mata Air

Satuviral

Ketujuh prosesi adat ala Yogyakarta yaitu upacara majang tarub, upacara cethik geni adang sepisanan, ngracik tirta siraman. Ada juga noto lemek palenggahan, upacara majang pasarean, upacara sungkeman ibu. Terakhir upacara langkahan untuk dua kakak Erina Gudono.

Dihadiri Permaisuri Keraton Yogyakarta dan Pakualam

Permaisuri Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR Hemas) turut berpartisipasi dalam siraman Erina Gudono. Datang pula permaisuri Paku Alam X Gusti Putri.

GKR Hemas menjadi salah satu dari enam orang yang ikut menyiram air dari 7 mata air pada Erina. Hemas mengaku senang Erina dan Kaesang tidak melupakan adat istiadat dalam rangkaian pernikahan mereka.

Viral: Terkuak, Mas Kawin Kaesang – Erina Isinya Begini

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Siraman Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

“Mereka (Kaesang-Erina) menjalankan semua prosesi pernikahan secara adat Jawa. Saya senang. Hal ini sangat luar biasa dan membanggakan karena sebagai generasi muda mereka masih nguri-uri (melestarikan) kebudayaan,” kata Hemas kepada media seperti ditulis Satu Viral di Yogyakarta, Jumat (09/12).

Rambut Kaesang ditanam di Rumah Erina

Saat acara siraman, rambut Kaesang Pangarep turut diserahkan kepada keluarga Erina. Rambut ini diambil saat prosesi siraman di rumah Kaesang di Solo. Usai diserahkan oleh utusan keluarga Jokowi, rambut ini ditanam di halaman depan rumah keluarga Erina. Ibu Erina, Sofiatun Gudono bersama dengan putra-putrinya yang langsung menanam rambut itu.

Penanaman rambut ini sebagai simbol menanam benih cinta dan kehormatan keluarga. Dalam prosesi itu ikut dilepas seekor ayam sebagai lambang keikhlasan hati melepas putri tercinta untuk mandiri.

Siraman Pakai Air yang bersumber dari 7 Mata Air

Prosesi siraman Kaesang Pangarep dimulai dengan menyiramkan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita. Tujuh sumber mata air tersebut yaitu dari Keraton Kasunanan Surakarta, Keraton Mangkunegaran Surakarta, Masjid Agung Surakarta. Juga dari Umbul Pengging Boyolali, Istana Merdeka Jakarta, Istana Kepresidenan Bogor, dan Kediaman keluarga di Solo.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Siraman Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Awalnya ke tujuh mata air itu diterima oleh Gibran Rakabuming sebagai perwakilan keluarga. Selanjutnya, ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman. Siraman pertama dilakukan oleh Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana.

Jokowi Gendong dan Suapi Kaesang

Selepas prosesi siraman, Jokowi kemudian memotong rambut Kaesang, dilanjutkan dengan prosesi menggendong anak bungsunya tersebut. Presiden Jokowi juga memberikan suapan terakhir kepada Kaesang Pangarep. Suapan ini sekaligus mengakhiri rangkaian prosesi siraman.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Siraman Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Sebelum prosesi siraman dilakukan, kedua keluarga memasang bleketepe di rumah masing-masing. Kaesang juga melakukan ritual sungkeman kepada kedua orangtuanya sebelum prosesi siraman. Sungkeman memiliki simbol meminta restu sekaligus mengucapkan terimakasih kepada kedua orang tua yang sudah membesarkannya.

Akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dilaksanakan pada Sabtu (10/12/2022) di Pendopo Royal Ambarukmo, Depok Sleman. Kemudian acara ngunduh mantu berlangsung pada Minggu (11/12/2022) pagi. Selanjutnya, Kaesang dan Erina akan dikirab dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran Solo.

Dapatkan info viral pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono cuma di Satu Viral. Baca terus gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia dan berita viral di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral