Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralLima Tradisi Unik Natal di Indonesia, No 3 Ga Biasa

Viral: Lima Tradisi Unik Natal di Indonesia, No 3 Ga Biasa

Info Viral: Sebentar lagi umat Kristiani akan merayakan Natal yakni peringatan hari lahir Yesus Kristus. Sejumlah daerah memiliki kebiasaan untuk menyambut dan merayakan Natal. Ini dia lima kebiasaan unik masyarakat Indonesia merayakan Natal versi Satu Viral.

Marbinda di Sumatera Utara

Masyarakat Sumatera Utara punya kebiasaan unik untuk memeriahkan bernama Marbinda.
Marbinnda adalah kegiayan menyembelih hewan untuk menyambut Natal. Tradisi ini mirip seperti yang dilakukan saat perayaan Idul Adha.

Viral: Contek Busana Natal Anggun dan Glamor Ala Selebritis

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Tradisi Natal Indonesia

Hewan yang disembelih seperti sapi, kerbau dan babi. Warga beramai-ramai menyembelihnya saat hari raya Natal atau beberapa hari sebelum Natal. Nantinya dagingnya sembelih dibagikan kepada masyarakat. Tradisi ini dilakukan sebagai kesempatan untuk mempererat hubungan antar warga.

Kunci Taon di Manado

Jika Natal biasanya dirayakan pada 25 Desember, masyarakat Manado merayakan Natal pada awal desember hingga Awal Januari. Dalam rentang waktu itu, mereka akan merayakan tradisi bernama Kunci Taon. Puncak kemeriahan Natal di Manado biasanya terjadi pada minggu pertama bulan Januari. Tradisi Kunci Taon akan menutup perayaan Natal di bulan Januari

Tradisi Taon Kunci adalah tradisi parade dengan berjalan mengelilingi kampung dengan menggunakan kostum unik untuk menghibur penonton. Biasanya berpakaian ala Sinterklas. Para pemuda juga akan berkeliling rumah untuk memberikan hadiah kepada anak-anak.

Viral: Asmirandah Siapkan Kado Spesial Natal Untuk Sang Putri, Tengok Bentuknya

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Tradisi Natal Indonesia

Para warga akan berkunjung ke rumah serta lokasi pemakaman keluarga sebagai bagian dari serangkaian acara Natal. Tidak hanya berkunjung, para warga juga akan membersihkan area pemakaman serta menghias sekitar area pemakaman dengan bunga segar.

Tradisi Natal di Manado masih berlanjut hingga minggu pertama bulan Januari, di mana warga mengadakan tradisi Taon Kunci.

Upacara Lettoan di Toraja

Selama bulan Desember, biasanya pemerintah Toraja merayakan Natal dengan festival yang disebut “Lovely December”. Sejumlah kegiatan budaya dan seni akan digelar selama festival berlangsung. Festival dimulai dengan penyembelihan kerbau belang pada awal Desember.

Kegiatannya antara lain lomba arung jeram, lomba memancing, lomba permainan rakyat, pameran masakan dan kerajinan daerah, dan pameran kerajinan bambu. Tradisi Lettoan akan menjadi puncak perayaan Natal pada tanggal 26 Desember mendatang.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Tradisi Natal Indonesia

Festival ini juga bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Toraja. Lettoan adalah ritual mengarak babi keliling kota. Upacara ini merupakan simbol kehidupan tiga dimensi. Pemerintah setempat menjadikan tradisi Lettoan dan Karnaval ini untuk menarik wisatawan domestik dan mancanegara.

Tradisi Penjor dan Ngejot di Bali

Penjor dan Ngejot biasa dilakukan dalam kegiatan Galungan Hindu Bali. Namun, karena toleransi beragama yang kaya di Indonesia, Penjor dan Ngejot dapat ditemukan selama acara Natal.

Pada kesempatan ini, semua umat Kristiani biasanya menghiasi rumah dan gereja mereka dengan janur kuning. Mereka kemudian akan mengenakan pakaian adat Bali seperti kebaya, selendang dan topeng hitam putih untuk kebaktian gereja.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Tradisi Natal Indonesia

Tak hanya itu, masyarakat Bali juga mengirimkan oleh-oleh khas Bali kepada keluarga dan tetangga. Makanan yang dikirimkan seperti lawar urap dan sate babi.

Pentas Wayang Wahyu di Jogja

Perayaan Natal di Yogyakarta selalu semarak dengan pertunjukan wayang unik bernama Wayang Wahyu. Biasanya, seorang pendeta atau pendeta akan melakukan kebaktian di gereja dengan menggunakan kata Jawa kramo inggil. Juga mengenakan pakaian Surjan khas Yogyakarta dengan beskap dan blangkon.

Setelah itu, pertunjukan wayang dan drama diadakan. Kisah wayang ini mengisahkan kelahiran Yesus Kristus. Tokoh pewayangan adalah Perawan Maria, Tuhan Yesus, Santo Yosef, para gembala dan raja.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Tradisi Natal Indonesia


Seperti Lebaran, warga mengunjungi kerabat dan tetangga saat Natal. Mereka akan makan bersama dan berbagi “amplop merah” dengan anak-anak.

Barapen (membakar batu) di Papua

Salah satu perayaan Natal yang unik adalah Barapen Papua. Barapen adalah tradisi membakar makanan di atas tumpukan batu. Biasanya Baperan dilakukan menjelang kebaktian perayaan Natal.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL
Tradisi Natal Indonesia

Masyarakat berkumpul di lapangan tempat batu-batu besar dibawa. Batu digunakan untuk memasak makanan seperti daging babi, ubi jalar, kangkung, dan pepaya. Semua makanan ini akan dimasukkan ke dalam lubang yang ditutup dengan batu yang terbakar.

Kepo dan baca terus Satu Viral Sob. Biar kamu tetep update berita viral, gosip viral, artis viral indonesia dan berita terkini.

Popular Categories

Ads on Satuviral