Saturday, January 28, 2023
- Advertisement -
HomeTechLimbah Plastik Diubah Jadi Sumber Makanan di Luar Angkasa

Viral: Limbah Plastik Diubah Jadi Sumber Makanan di Luar Angkasa

Limbah Plastik Diolah Jadi Sumber Makanan

Info Viral: Berbagai organisasi di sejumlah negara termasuk NASA, JAXA, dan ESA, bekerja sama dengan perusahaan makanan untuk menemukan makanan di luar angkasa. Menariknya, sampah plastik bisa diolah menjadi sumber makanan di luar angkasa.

Panel di Consumer Electronics Show (CES) 2023 membahas solusi yang dikembangkan para ahli untuk membuat makan selama penerbangan luar angkasa, bahkan jika kita tinggal di Mars atau Bulan.

Mengubah plastik menjadi makanan yang dapat dimakan adalah solusi yang cukup menarik perhatian. Solusi ini kemudian dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama Beehex.

Limbah Plastik Bakal Jadi Sumber Makanan di Mars - Satuviral – SATUVIRAL

2 Planet Ekstrasurya Ini Dipenuhi Air Bak Bumi dan Berpotensi Ditinggali

Satuviral

Steak dari plastik

Beehex menggunakan pencetakan 3D untuk mengembangkan solusi makanan luar angkasa. Perusahaan ini didirikan oleh Anja Contractor, seorang pengusaha dan insinyur yang berafiliasi dengan NASA.

Idenya muncul usai mencari tahu cara mencetak makanan 3D untuk astronot. Di sini, waktu kru sangat terbatas dan memasak tentu tidak menjadi pilihan.

“Sampah plastik dikumpulkan dan kemudian dihancurkan. Pada akhirnya, limbah ini dipindahkan ke bioreaktor yang mengandung bakteri yang direkayasa sangat khusus,” kata juru bicara Beehex.

Bakteri hasil rekayasa ini memakan plastik dan mengubahnya menjadi biomassa. Selain itu, biomassa dapat digunakan untuk menghasilkan berbagai tekstur dan bentuk.

“Jadi jika ingin membuat steak dari plastik, seluruh mekanisme ini akan bisa menghasilkan steak dari plastik, dada ayam, dan makanan lainnya,” jelas Anja.

Atasi Kerawanan Pangan di Bumi

Menurut Beehex, menggunakan printer 3D untuk menghasilkan makanan juga dapat membantu mengatasi kerawanan pangan di planet ini.

Anja mengungkapkan bahwa proyek tersebut didanai oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), salah satu kekuatan terbesar yang didukung pemerintah di balik inovasi di Amerika Serikat.

Limbah Plastik Bakal Jadi Sumber Makanan di Mars - Satuviral – SATUVIRAL

Besok, 5 Planet Tata Surya Bakal Sejajar, Apa Efeknya Untuk Bumi?

Satuviral

“Ide kami adalah menggunakan wadah ini terlebih dahulu untuk operasi bencana pangan, seperti yang terkait dengan FEMA (Badan Manajemen Darurat Federal), atau lokasi adanya kamp pengungsian,” ujarnya.

“Khusus untuk Angkatan Darat atau Korps Marinir AS, itulah yang kami tuju karena itu rencana yang paling realistis,” tambahnya.

“Anda bisa menjual mesin ini ke FEMA dan pemerintah di seluruh dunia, termasuk organisasi seperti PBB. Jadi itu langkah pertama,” katanya.

Setelah itu, subrakitan mesin diproduksi agar sesuai dengan pesawat ruang angkasa dan stasiun ruang angkasa Low Earth Orbit (LEO) seperti Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan Orbital Reef.

“Muatannya harus sangat ringan. Kami perkirakan proyek akan dimulai sekitar 2026 hingga 2027. Aplikasi pertama akan berbasis di bulan,” katanya.

Dapetin terus berita-berita ekslusif setiap hari, cuma di Satuviral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral