Friday, February 23, 2024
HomeTechLubang Hitam Besar Menghadap ke Bumi, Berbahayakah?

Viral: Lubang Hitam Besar Menghadap ke Bumi, Berbahayakah?

Lubang Hitam Berjarak 4 Juta Tahun Cahaya

Info Viral: Astronom menemukan sebuah lubang hitam besar menghadap ke Bumi. Lubang hitamn itu berjarak 4 juta tahun cahaya. Apakah berbahaya untuk kehidupan di Bumi?

Mengutip LiveScience, lubang hitam supermasif ini memuntahkan radiasi hampir dengan kecepatan cahaya, mengarahkan hingga 90 derajat dan langsung menuju ke Bumi.

Para ahli sebelumnya mengidentifikasi lubang hitam ini sebagai galaksi besar. Namun ternyata lubang hitam yang disebut PBC J2333.9-2343, memancarkan radio aktiif berpotensi berbahaya untuk Bumi.

Penelitian baru yang diterbitkan 20 Maret dalam jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society mengklasifikasi lubang hitam itu sebagai blazar.

“Hipotesis kami adalah bahwa jet relativistik dari lubang hitam supermasif telah mengubah arahnya. Seberapa berbahaya atau tidak, ini kami harus melakukan sejumlah besar pengamatan,” kata penulis utama studi Lorena Hernández-García, juga dari Institut Milenium untuk Astrofisika dalam Astrofisika ditulis Satu viral, Jumat (07/04).

Viral: AI Wujudkan Foto Selfie Bob Marley hingga Jesus

Satuviral
- Advertisement -
lubang hitam- Satu Viral – SATUVIRAL
lubang hitam- Satu Viral

Hernández-García dan rekannya mengamati PBC J2333.9-2343 memiliki ciri khas blazar, yakni terang dan redup dengan semburan serupa.

Oleh karena itu, mereka menyimpulkan bahwa objek tersebut kemungkinan besar adalah sebuah blazar.

Para peneliti juga mengamati inti galaksi aktif (AGN), lubang hitam lapar di galaksi. Mereka mengumpulkan materi dan mengeluarkan pancaran kuat dari partikel berenergi tinggi yang disebut semburan relativistik.

Ketika ada dua set lobus, ini berarti ada dua rangkaian pulsa berbeda yang hidup dan mati.
Namun untuk PBC J2333.9-2343, tampaknya hanya ada satu sumber aktif, dan sumber tersebut telah dialihkan.

Para peneliti masih mendalami apa yang menyebabkan perubahan arah ledakan tersebut. Teori saat ini adalah adanya penggabungan galaksi. Di mana ada galaksi masif lainnya bertabrakan dengan PBC J2333.9-2343. Sehingga mengganggu semua planet bintang yang ada di dalamnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -