Saturday, March 25, 2023
- Advertisement -
HomeTechMau Pindah Planet? Ilmuan Temukan 'Planet Kembaran' Bumi

Viral: Mau Pindah Planet? Ilmuan Temukan ‘Planet Kembaran’ Bumi

Memiliki Ukuran Seperti Bumi

Tekno Viral: Mungkinkah ada kehidupan di planet lain? Para ilmuwan bersama NASA menemukan planet ‘kembaran’ bumi lain yang berada di luar Galaksi Bima Sakti. Planet ini berukuran sebesar Bumi dan yang dapat memberikan kehidupan. .

Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA berhasil menemukan planet ekstra surya untuk pertama kalinya. Para peneliti menamakan planet ini sebagai LHS 475 b.

Viral: Punya Langit Paling Cerah, Daerah Ini Jadi Pusat Observatorium Terbesar se-ASEAN

satuviral

Peneliti menerangkan bahwa planet baru ini memiliki ukuran hampir sama dengan planet Bumi dengan diameter 99% dari diameter Bumi.

Pengamatan pertama terhadap planet berbatu seukuran Bumi ini membuka pintu bagi banyak kemungkinan untuk mempelajari atmosfer planet berbatu di masa depan dengan Webb, jelasnya,

ilustrasi Planet kembaran Bumi- Satu Viral – SATUVIRAL
ilustrasi Planet kembaran Bumi-

Para peneliti mempresentasikan penemuan tersebut saat konferensi pers di American Astronomical Society (AAS) pada Rabu, 11 Januari 2023. Tim peneliti dipimpin oleh Kevin Stevenson dan Jacob Lustig-Yaeger dari Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory.

Kembaran Bumi Tidak Punya Atmosfer

Mereka telah mengamati planet ini dengan cermat. Planet ini mungkin tidak memiliki atmosfer. Namun ada juga beberapa komponen atmosfer yang tidak boleh dikesampingkan, seperti atmosfer karbon dioksida murni.

“Fakta bahwa planet ini juga kecil dan berbatu sangat mengesankan bagi observatorium. Sebaliknya, atmosfer 100 persen karbon dioksida jauh lebih padat sehingga sulit dideteksi,” kata Lustig-Yaeger.

Viral: Limbah Plastik Diubah Jadi Sumber Makanan di Luar Angkasa

satuviral

Menurutnya, diperlukan pengukuran yang lebih tepat untuk membedakan antara atmosfer karbondioksida murni dan tanpa atmosfer sama sekali. Fakta lain yang ditemukan oleh Webb adalah bahwa planet ini beberapa ratus derajat lebih panas dari Bumi.

Ini membuat para peneliti menyimpulkan bahwa planet itu lebih mirip Venus. Venus diketahui memiliki atmosfer karbon dioksida dan sering diselimuti awan tebal.

Para peneliti juga mengatakan planet itu menyelesaikan orbitnya hanya dalam dua hari.

“Kami berada di garis depan dalam mempelajari exoplanet kecil dan berbatu. Kami baru mulai menggores permukaan atmosfernya,” ujar Lustig-Yaeger.

Jangan lupa baca terus Satu Viral. Biar kamu tetep update informasi berita viral, gosip viral, artis viral indonesia dan berita terkini. Follow IG , Facebook, Youtube dan Tiktok Satu Viral juga Sob.

Advertisement

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -