Wednesday, March 22, 2023
- Advertisement -
HomeSportsSepakbolaMemahami Sikap Cengeng Cristiano Ronaldo Lewat Budaya Saudade Portugal

Viral: Memahami Sikap Cengeng Cristiano Ronaldo Lewat Budaya Saudade Portugal

Cristiano Ronaldo yang Gemar Menangis

Berita Bola: Perjalanan karier Cristiano Ronaldo rasanya pantas bila disebut mendekati sempurna bagi seorang pesepak bola profesional. 

Mulai dari komitmen tinggi dalam berlatih, deretan prestasi mentreng, kekayaan melimpah, hingga terus bermain di usia senja, semuanya menunjukkan betul betapa garangnya Ronaldo.

Tubuh Ronaldo juga sungguh atletis. Tampilan serta kondisi fisiknya seakan menggambarkan bahwa Ronaldo adalah orang yang sangat kuat.

Benzema Diminta Zidane Tinggalkan Real Madrid dan Gabung PSG

Satuviral
Memahami Sikap Cengeng Cristiano Ronaldo Lewat Budaya Saudade Portugal - Satu Viral – SATUVIRAL

Namun sisi maskulin Ronaldo terbilang kerap luntur saat dirinya menghadapi momen-momen emosional di atas lapangan. 

Ia beberapa kali secara jelas tertangkap kamera mengeluarkan air mata sedang menangis sesenggukan.

1. Final Piala Eropa 2004

Tangisan pertama Ronaldo yang paling diingat tercipta dalam ajang Piala Eropa 2004. Membela Portugal, Ronaldo remaja harus mendapati negaranya kalah dari Yunani di laga puncak.

Pasca pertandingan berakhir, Ronaldo menangis tersedu meratapi kekalahan. Ronaldo sampai harus dihampiri staff Timnas Portugal untuk diredakan kesedihannya.

2. Final Liga Champions 2007/08

Aksi cengeng Ronaldo berikutnya terjadi dalam laga final Liga Champions 2007/08 antara Manchester United vs Chelsea. CR7 yang masih membela Manchester United, sukses memenangkan pertandingan lewat drama adu penalti.

Kemenangan Manchester United dipastikan oleh aksi heroik Edwin Van der Sar yang sanggup menepis sepakan penalti pemain Chelsea, Nicolas Anelka. Tangis haru Ronaldo langsung pecah begitu melihat momen tepisan Van der Sar tersebut.

3. Ballon d’Or 2013

Sisi sendu Ronaldo terpancing lagi di hadapan publik pada acara penyerahan penghargaan Ballon d’Or 2013. Ronaldo tak kuasa menahan air mata mendapati kenyataan bahwa dirinyalah yang diumumkan sebagai pemenang penghargaan.

Kala itu saingan Ronaldo cukup berat. Ronaldo bersaing ketat dengan rival bebuyutannya, Lionel Messi, dan winger Prancis, Franck Ribery yang baru saja berhasil mengantarkan Bayern Munchen juara Liga Champions.

Ketika maju ke mimbar penghargaan, Ronaldo tampak mengeluarkan gestur mengelap air mata di pipinya. Ronaldo mungkin terharu buah kerja kerasnya mampu menghasilkan prestasi individu luar biasa.

4. Final Piala Eropa 2016

Final Piala Eropa 2016, Ronaldo bertugas sebagai kapten Timnas Portugal untuk menghadapi negara tuan rumah penyelenggara, Prancis. Ronaldo memimpin rekan-rekannya dalam upaya mewujudkan mimpi memberikan trofi juara Piala Eropa pertama kepada Timnas Portugal.

Namun kejadian buruk menimpa Ronaldo pada awal-awal babak pertama. Ia mengalami cedera di bagian pergelangan kaki setelah berbenturan dengan pemain Prancis, Dimitri Payet.

Sebenarnya Ronaldo sudah mencoba melanjutkan pertandingan. Sayang, rasa sakit yang mendera kakinya terlalu sulit ditahan, sehingga Ronaldo terpaksa harus ditarik keluar digantikan pemain lain.

Ada satu momen ketika Ronaldo duduk di lapangan menahan sakitnya dan mengeluarkan air mata. Ronaldo mungkin merasa sangat bersedih karena tak bisa bermain sampai laga usia.

Beruntung, tangisan Ronaldo berubah menjadi tawa bahagia di akhir laga. Portugal menang tipis 1-0 berkat gol tunggal Eder pada masa tambahan waktu.

5. Fase Grup Liga Champions 2018/19

Tepat pada 20 September 2018, Ronaldo memainkan laga perdananya di ajang Liga Champions untuk Juventus. Ronaldo memperkuat Si Nyonya Tua bertandang ke markas wakil Spanyol, Valencia.

Perlu diingat, Ronaldo kala itu baru bergabung ke Juventus. Ronaldo datang menyandang reputasi sebagai raja gol sekaligus peraih lima trofi Liga Champions.

Tak heran jika para pendukung Juventus memberikan ekspestasi besar atas debut Ronaldo ini. Ronaldo diharapkan bisa mencetak gol dan memberikan Juventus kemenangan atas Valencia.

Alih-alih memenuhi harapan yang dibebankan kepadanya, Ronaldo malah diusir wasit saat laga memasuki menit ke-29. Ia tertangkap wasit melakukan aksi tidak terpuji memukul pemain Valencia, Jeison Murillo.

Begitu wasit mengacungkan kartu merah, tangis Ronaldo langsung pecah. Ronaldo bahkan berjalan menuju lorong stadion masih dengan kondisi berurai air mata.

Pengaruh Budaya Portugal?

Belum ada yang mengetahui pasti apa alasan utama atas sikap cengeng seorang Cristiano Ronaldo. Punya badan kekar penuh otot dan juga garang menjebol gawang lawan, Ronaldo malah sering tampil menangis di atas lapangan. Mengapa?

Jawaban paling logis yang mungkin bisa kita berikan yakni menggunakan analisis kebudayaan asli Portugal. Ronaldo memang merupakan pemain asli kelahiran Portugal. Bukan mustahil sikap cengeng Ronaldo timbul dipengaruhi oleh kultur negaranya sendiri.

Portugal memiliki budaya tentang mencintai kesedihan. Masyarakat di sana selalu menikmati rasa sedih yang datang mendera hati dan pikiran.

Bosan di Liverpool, Mohamed Salah Minta Dijual ke Barcelona

Satuviral
Memahami Sikap Cengeng Cristiano Ronaldo Lewat Budaya Saudade Portugal - Satu Viral – SATUVIRAL

Hal ini tentu jauh berbeda ketimbang kondisi masyarakat dunia pada umumnya. Orang-orang kebanyakan selalu berusaha menutupi kesedihannya saat berbaur ke lingkungan sosial.

Warga Portugal enggan berpura-pura bahagia kala dirundung duka nestapa. Mereka tak pernah antusias mendengar ucapan ‘omong kosong’ seperti, “semoga harimu menyenangkan!”. Setiap hari selalu ada peluang besar untuk mengalami kejadian-kejadian buruk.

Budaya mencintai kesedihan ala Portugal bahkan turut menjalar kepada bangunan-bangunan yang menghiasi ibu kota negara, Lisbon. 

Ketika negara-negara lain rajin membuat monumen sosok pahlawan atau jenderal gagah berani, Portugal justru lebih banyak mendedikasikannya kepada para penyair atau sosok-sosok besar nan melankolis.

Wajar kalau kemudian PBB berani mencantumkan nama Portugal sebagai salah satu negara tersedih di dunia. 

Meski secara perekonomian terbilang maju, Portugal hanya menempati  urutan 93 dari 157 negara dalam Indeks World Happines Report tahun 2017. Penyebabnya tentu dipengaruhi kecintaan Portugal terhadap kesedihan.

Walau begitu, bukan berarti orang-orang Portugal butuh dikasihani. Karakter mereka sudah terlanjur kuat sebagai masokis sejati.

Kisah budaya unik Portugal ini malah bisa mengajarkan kita sebuah prinsip hidup yang penting, tapi jarang dilakukan. Budaya Portugal memperlihatkan selalu adanya keindahan dan kebahagiaan yang tersembunyi di dalam setiap kesedihan manusia.

Portugal is Saudade!

Portugal merupakan penggambaran yang mewakili kata Saudade. Kamu mungkin tak mengerti apa makna dari kata Saudade tersebut. 

Kata ini memang sulit diterjemahkan ke bahasa yang lebih sederhana, sama seperti budaya ‘kesedihan yang menyenangkan’ ala Portugal.

Kalau membahasnya menggunakan sudut pandang budaya Portugal, Saudade merupakan rasa sakit atas tempat, seseorang, ataupun pengalaman yang sempat membahagiakan. 

Arsenal Kian Dekat Dapatkan Declan Rice

Satuviral
Memahami Sikap Cengeng Cristiano Ronaldo Lewat Budaya Saudade Portugal - Satu Viral – SATUVIRAL

Prinsipnya agak mirip seperti nostalgia, bedanya Saudade tak harus dilakukan untuk hal-hal yang pernah terjadi.

Inti Saudade adalah rasa kehilangan dan ketiadaan. Namun Saudade tidak perlu diresapi secara berlarut-larut hingga membuat orang yang mengalaminya menjadi sangat terpuruk.

Saudade malah mudah untuk ditangani dan ditoleransi. Ketika Saudade muncul, orang-orang Portugal akan langsung membagikannya.

Sejumlah hasil penelitian menemukan manfaat Saudade yang membuat orang-orang Portugal memiliki keunggulan tersendiri. 

Misalnya dalam Journal of Experimental Social Psychology, menjelaskan bahwa Saudade mampu meningkatkan kualitas daya ingat seseorang.

Masih menggunakan contoh penelitian yang sama, Saudade juga berdampak baik atas naluri seseorang. Intuisi berjalan lebih tepat berkat kesedihan yang diterima secara menyenangkan.

Kembali ke kasus cengengnya Cristiano Ronaldo, ia tak pernah ragu mengeluarkan air matanya di atas lapangan mungkin karena memahami betul prinsip Saudade. 

Ronaldo mampu menghargai momen-momen yang membuatnya sedih ataupun terharu. Kesedihan adalah hal yang menyenangkan untuk CR7.

Alhasil, Ronaldo sepertinya dianugerahi manfaat Saudade secara maksimal. Memorinya meningkat drastis terkait detail-detail kegagalan yang menyedihkan ataupun kesuksesan membanggakan. 

Ronaldo pun jadi punya naluri tepat terkait mana saja sisi-sisi yang harus diperbaiki atau dipertahankan, agar kariernya terus bertumbuh makin baik sebagai pesepak bola hebat.

Advertisement

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -