Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralMemalukan! Ketua DPRD Lumajang Tak Hafal Pancasila

Memalukan! Ketua DPRD Lumajang Tak Hafal Pancasila

Salah Sebut Sila ke 4

Berita Terkini; Ketua DPRD Lumajang, Anang Akhmad Syaifuddin tertangkap kamera tidak hafal pancasila. Kejadian memalukan itu viral usai videonya diunggah masal di sosial media, salah satunya akun @lambeturah.

Dalam video itu tampak Anang tengah membacakan Pancasila di hadapan massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Melalui mikrofon di tangannya, Anang memimpin pengucapan Pancasila. Kemudian diikuti oleh massa HMI di ruangan tersebut.

Anang awalnya lancar saat mengucapkan pada sila pertama sampai ke tiga. Namun, Politikus PKB itu terdengar salah menyebutkan sila ke empat.

“Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam kebijaksanaan dan permusyawaratan,” kata Anang yang ditulis Satuviral di Jakarta, Senin (12/09).

Massa mahasiswa yang hadir pun menyadari kesalahan pengucapan Anang. Mereka kemudian menyoraki dan menyalahkannya.

“Eh salah-salah,” kata seorang mahasiswa dalam video itu.

“Gemetar saya,” ujar Anang sembari tersenyum.

Viral! Pria Berjalan di Tengah Air Sungai

Satuviral

Ia kemudian mencoba mengulang kembali menyebutkan pancasila. Sayangnya saat membacakan sila ke empat, ia kembali salah mengucapkannya. Sontak ucapannya ini langsung disoraki kembali mahasiswa.

Bahkan seorang mahasiswa ikut mengecamnya. Ia menyebut apa yang dilakukan Anang adalah bentuk penistaan Pancasila.

“Bapak jangan pernah membuat alasan pada kami. Ini namanya penistaan Pancasila kalau gini,” kata seorang mahasiswa melalui mikrofon.

Perwakilan kader HMI Lumajang Solihin membenarkan kejadian dalam video tersebut. Ia mengatakan, hal itu saat pihaknya menggelar aksi penolakan kenaikan harga BBM bersubsidi di DPRD Lumajang, Rabu (7/9) lalu.

Anang juga mengulang pengucapan Pancasila itu sampai tiga kali, dan sempat berusaha menghafalkan melalui ponselnya. Namun tetap saja dia ternyata tak kunjung hafal. Hal ini jelas membuat mahasiswa kecewa.

“Ternyata ketika diulang beberapa kali itu sampai tiga kali, Ketua Dewan itu tidak hafal, bahkan sampai belajar liat handphone terlebih dahulu, setelah itu ditutup, ternyata masih tidak hafal,” kata dia.

Anang Mengundurkan Diri sebagai Ketua DPRD Lumajang

Ketua DPRD Lumajang Anang Akhmad Syaifuddin mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua usai viral videonya tak hafal sila ke-4 Pancasila. Ia juga menyampaikan permohonan maaf.

Unik! Bayi di Sumsel Diberi Nama Perdi Sambo

Satuviral

“Saya atas nama pribadi Ketua DPRD Kabupaten Lumajang ingin menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat kabupaten Lumajang. Khususnya pada anggota DPRD Kabupaten Lumajang yang dengan insiden tidak hafalnya saya untuk melafazkan teks Pancasila,” kata Anang dalam video yang diterima, seperti dilansir Satuviral, Senin (12/9/2022).

Anang menyampaikan itu saat Paripurna Raperda Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 di gedung DRPD Kabupaten Lumajang. Anang mengaku sangat menyesal dan memilih mundur untuk menjaga muruah DPRD. Dia berharap kejadian ini juga menjadi pembelajaran bagi siapapun yang berstatus sebagai pemimpin.

“Untuk menjaga muruah DPRD kabupaten Lumajang, untuk menjaga dan menjadikan ini pembelajaran bagi kita semua siapapun pemimpin di negeri ini,” imbuhnya.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement