Thursday, December 1, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralMengenal 10 Motif Batik Beken di Indonesia

Viral: Mengenal 10 Motif Batik Beken di Indonesia

Info Viral; Sobat Viral, hari ini kita memperingati Hari Batik nasional. Masyarakat Indonesia patut berbangga sebab tiap 2 Oktober batik selalu diperingati masyarakat dunia. Batik yang merupakan warisan budaya Indonesia makin terkenal di dunia berkat Hari Batik. Berikut ini sepuluh motif batik Nusantara yang memiliki maknanya unik.

Pemerintah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional setiap tahunnya, walaupun tanggal tersebut tidak dijadikan hari libur nasional. Antusiasme masyarakat dalam memperingati hari batik nasional selalu tampak dengan menggelar sejumlah fashion show.

Bahkan pemerintah sudah mewajibkan seluruh PNS menggunakan batik setiap tanggal 2 Oktober. Namun kalian perlu tahu bahwa Indonesia memiliki banyak motif batik. Masing-masing motif pun memiliki filosofi yang berbeda serta nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Batik berasal dari ‘ambatik’ yang artinya sebuah kain dengan banyak titik. Kata “batik” berasal dari gabungan dua kata bahasa Jawa, yaitu ‘amba’ artinya “menulis” dan ‘titik’ yang berarti “titik”. Akhiran ‘tik’ pada kata batik berarti titik, tetes atau ujung yang dipakai untuk membuat sebuah titik.

Motif Batik Keraton

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Sea World Ancol Gelar Fashion Show Batik Bawah Air Dalam Aquarium

satuviral

Motif batik keraton merupakan cikal-bakal batik yang ada di Indonesia. Awalnya batik Ini dibuat khusus untuk digunakan oleh putri keraton karena kain ini sangat eksklusif. Motifnya kaya akan budaya agama Hindu dan budaya Islam. Motif budaya Hindu memperkenalkan simbol-simbol, seperti Burung garuda, Bunga Teratai dan Naga serta pohon kehidupan.

Di samping itu, budaya Islam melarang penggambaran manusia atau hewan. Sehingga kebanyakan Batik Keraton menampilkan ornamen bergaya dan dimodifikasi sebagai simbol, yaitu bunga dan desain geometris.

Batik Keraton mudah dikenali melalui kelompok Batik Kasunanan Surakarta, Kasultanan Yogyakarta, Batik Pura Mangkunegaran, dan Batik Pura Pakualaman. Awalnya hanya keluarga kerajaan yang bisa menggunakannya. namun seiring berkembangnya zaman, batik ini kini sudah bisa dipakai oleh siapa saja.

Motif Batik Pekalongan

Motif ini merupakan motif yang paling populer. Batik pekalongan mudah di jumpai dimana-mana yang dominasi oleh bentuk flora dan fauna. Karena banyak dipengaruhi oleh budaya luar. Pasalnya letak Kota Pekalongan yang strategis dengan lokasi perdagangan.

Motif Batik Semen

Motif batik semen merupakan salah satu batik yang digunakan pada acara umum. Gambarnya terinspirasi dari lingkungan alam. Pola motif batik semen terlihat berupa pola gunung, daun, dan hal yang berhubungan dengan alam.

Motif Batik Mega Mendung

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

satuviral

Batik mega mendung ini merupakan motif batik asli dari daerah Cirebon. Secara keseluruhan dihiasi dengan pola berbentuk awan dan warnanya yang gelap. Biasanya batik mega mendung memiliki warna seperti biru tua, hijau tua, dan warna gelap lainnya.

Motif Batik Sekar Jagad

Batik Sekar Jagad berasal dari Yogyakarta. Sekar jagad memiliki makna sesuai dengan namanya yang berarti keindahan. Maka siapapun yang melihat akan terpesona. Beberapa menyebutnya motif peta dunia karena bentuk motifnya yang menyerupai pulau.

Motif Parang Rusak

Motif parang rusak menggambarkan arti pertarungan antara manusia melawan kejahatan. Caranya dengan mengendalikan diri dari semua hal buruk. Sehingga bisa menjadi manusia yang lebih bijaksana dan mulia.

Motif Batik Sidoluhur

Pada umumnya motif batik sidoluhur digunakan oleh pengantin wanita ketika malam pengantin. Motif ini memiliki makna dan harapan agar orang yang menggunakannya bisa mencapai kedudukan yang lebih tinggi. Serta menjadi panutan dalam masyarakat.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Motif Batik Sido Asih

Motif batik Sido Asih memiliki makna yang sangat luas, yaitu agar kehidupan dalam berumah tangga selalu dipenuhi dengan kasih sayang. Batik Sido Asih ini biasanya digunakan oleh pengantin wanita pada acara pernikahan. Maknanya secara lebih luas bisa diartikan agar manusia bisa saling menyayangi dan mengasihi.

Motif Batik Tambal

Motif batik tambal mempunyai arti menambal sesuatu atau memperbaiki sesuatu yang telah rusak. Dahulu orang percaya bahwa motif ini bisa membantu menyembuhkan orang yang sakit. Caranya dengan menyelimuti orang yang sakit menggunakan kain batik motif tambal ini.

Motif Batik Loreng

Batik motif ini memiliki gambar diagonal seperti motif parang. Namun motif ini hanya berupa baris diagonal yang sempit dan hanya berisikan pola-pola kecil. Motif loreng juga termasuk kedalam motif batik lama dan hanya digunakan oleh keluarga kerajaan.

Kamu sudah pernah pakai batik motif yang mana nih Sob?Berapa banyak baju batik yang kamu miliki?

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com