Friday, February 23, 2024
HomeTechMerpati Bisa Kirim Data Lebih Cepat dari Internet Fiber Optik

Viral: Merpati Bisa Kirim Data Lebih Cepat dari Internet Fiber Optik

Merpati Bisa Kirim Data Lebih Cepat

Info Viral: Merpati Pos merupakan salah satu bentuk komunikasi jarak jauh tertua yang mampu mengirimkan pesan sejauh ratusan mil dengan relatif cepat dan akurat.

Tes informal yang sudah lama dilakukan menunjukkan bahwa dalam beberapa kondisi tertentu, merpati pos mampu mengungguli kecepatan internet. Namun, bagaimana jika kita membandingkan merpati pos dengan koneksi fiber optik?

Dalam pengujian terbaru, ditemukan bahwa dalam jarak yang relatif pendek, merpati pos mampu mengirimkan informasi lebih cepat dibandingkan dengan koneksi internet gigabit standar.

Hal ini menyoroti pentingnya memahami perbedaan antara kecepatan dan bandwidth.

- Advertisement -

Pada tahun 2009, sebuah eksperimen menunjukkan bahwa seekor merpati pos mampu membawa kartu memori berkapasitas 4 GB sejauh 60 mil (sekitar 100 kilometer) dengan lebih cepat dibandingkan dengan layanan internet di Afrika Selatan dalam mengirimkan data sebesar itu.

Dalam hal ini, merpati hanya memerlukan dua jam untuk mencapai tujuannya, sementara koneksi internet hanya mampu mengirimkan 4% dari data yang sama.

Peneliti Sebut Merpati Post Lebih Cepat

Sebuah uji coba yang lebih ketat dilakukan oleh Jeff Geerling membuktikan bahwa secara teoritis, merpati bisa mengungguli koneksi serat optik hingga jarak sekitar 500 mil (setara dengan 804,7 kilometer).

Meskipun tentu saja merpati tidak dapat terbang sejauh itu dalam pembandingan dengan koneksi internet gigabit standar, hasil perhitungan matematis dari simulasi yang dia lakukan berhasil membuktikannya.

Pertama-tama, Geerling menetapkan bahwa seekor merpati dapat membawa tiga drive USB berkapasitas 1TB dalam satu perjalanan, meskipun memang ini sudah mencapai batas ukuran yang nyaman bagi burung tersebut.

Merpati Bisa Kirim Data Lebih Cepat – SATUVIRAL

Kemudian, dia mengambil drive USB tersebut dalam penerbangan maskapai dari Saint Louis ke Nova Scotia sambil mentransfer data sebesar 3TB antara kedua lokasi tersebut.

Proses menyalin data dari laptop ke USB, penerbangan ke Nova Scotia, dan menyalinnya ke komputer di sana hanya memerlukan waktu 6 jam 53 menit, sementara transfer gigabit memakan waktu 10 jam 54 menit.

Mengingat pesawat terbang biasanya bergerak dengan kecepatan sekitar 800 km/jam, dan kecepatan rata-rata merpati adalah sekitar 80 km/jam, Geerling menghitung bahwa pesawat tersebut hanya akan mengungguli kecepatan transfer data sebesar 3 TB gigabit dalam jarak 5.000 mil (setara dengan 8.046,7 kilometer), sementara merpati bisa melakukannya dalam jarak 500 mil.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -