Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeTechMetamesta Ditetapkan Jadi Kata Baru, Ada yang Tau Artinya?

Viral: Metamesta Ditetapkan Jadi Kata Baru, Ada yang Tau Artinya?

Kata Tahun Ini Metamesta

Info Viral: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa atau Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengumumkan “metamesta” atau kata yang setara dengan “metaverse” sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2022.

Diunggah ke Instagram pada Selasa lalu (27/12), “metamesta” didefinisikan oleh Badan Bahasa sebagai “ruang realitas virtual dalam lingkungan tiga dimensi yang dihasilkan melalui program komputer”.

Sebelum “metamesta”, Badan Bahasa merilis “milenial” sebagai KTI 2019, “pandemi” sebagai KTI 2020, dan “vaksin” sebagai KTI 2021.

Kata Tahun Ini Metamesta - Satuviral – SATUVIRAL

Arti Kata “My Shampoo And Conditioner Ran Out At The Same Time”

Satuviral

Jadi Kata Populer di KBBI

Badan Bahasa telah mengidentifikasi “metamesta” sebagai KTI 2022, dengan sejumlah pertimbangan seperti daftar kata terpopuler menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Selain itu, terdapat frekuensi kemunculan di Google Trends, berbagai penanda peristiwa, kata-kata yang digunakan di berbagai kalangan, dan luasnya persebaran kata.

Meski begitu, kata “metamesta” tidak masuk dalam pencarian teratas tahun ini, menurut pantauan tim satuviral dari KBBI online Kemendikbud, Sabtu (7/1).

Dalam daftar kata terpopuler 2022 KBBI Daring, ada “swafoto”, “suvenir”, “praktik”, “kontras”, “daring”, “semburat”, “perajin”, “risiko”, “memengaruhi”, “abdomen”, “analisis”, “kerja sama”, “survei”, “fobia”, dan “aktivitas”.

Kata Tahun Ini Metamesta - Satuviral – SATUVIRAL

Fenomena Kidult, Orang Dewasa yang Suka Bertingkah Kekanakan

Satuviral

Pencarian Masih Banyak Metaverse

Sementara itu menurut grafik Google Trends yang diakses pada Sabtu (7/1), pencarian terbanyak adalah “metaverse” dibanding “metamesta”. Selain itu, pencarian soal “metaverse” juga menurun semenjak pekan pertama Februari 2022.

Kata “metamesta” sendiri terbilang jarang digunakan oleh media yang lebih sering merujuk pada “metaverse” untuk membahas soal semesta virtual yang mulai tren sejak pandemi itu.

Ada Kata Lain yang Diusulkan

Koordinator Kelompok Kepakaran layanan Profesional Perkamusan dan Peristilahan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, Adi Budiwiyanto, mengakui sebenarnya ada kata lain yang bisa diajukan sebagai KTI, yakni “presidensi”.

Gagasan “presidensi” tersebut dilontarkan merujuk pada kepemimpinan Indonesia pada KTT G20 di Bali November lalu.

“Namun, ‘metamesta’ telah banyak dibicarakan selama beberapa tahun dan mulai populer pada tahun 2022. Semua lapisan masyarakat berlomba untuk mengimplementasikan konsep teknologi ini ke dalam kehidupan sehari-hari,” klaim Ardi.

Update terus dengan Satuviral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan info viral di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral