Thursday, February 29, 2024
HomeTrending ViralMie Sedap di Tarik dari Pasaran Singapur dan Hongkong

Viral: Mie Sedap di Tarik dari Pasaran Singapur dan Hongkong

Jenis Korean Spicy SOUP dan Chicken

Berita Terkini; Produk Mie instan bermerek mie Sedaap ditarik di pasar global. Mie instan itu dilarang beredar di negara Singapura dan Hongkong. Badan Pangan Singapura ( SFA )/BPOM Singapur menarik dua varian Mie Sedaap dari peredaran. Alasannya terindikasi mengandung pestisida jenis etilen oksida.

Dua varian Mie Sedaap yang ditarik dari pasaran yaitu Korean Spicy Soup dan Korean Spicy Chicken. Produk Mie Sedaap Korean Spicy Soup yang ditarik adalah produk dengan masa kadaluarsa 17 Maret 2023.

“Sementara, penarikan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken berlaku untuk produk dengan masa kadaluarsa 21 Mei 2023,” tulis keterangan resmi SFA yang ditulis Satu Viral, Kamis (6/10/2022).

Di dalam Mie asal Indonesia ini, terdapat etilen oksida. Di mana zat itu merupakan pestisida yang dilarang digunakan dalam makanan. Sebagai informasi penggunaan etilen oksida di Singapura hanya diizinkan untuk sterilisasi rempah-rempah. Batas residu (MRL) pun diatur tidak boleh lebih dari 50 mg/kg.

SFA hanya mendeteksi kandungan etilen oksida pada produk Mie Sedaap dari sejumlah barang yang disurvei. Untuk mengetahui produk Mie Sedaap lainnya, badan itu akan terus melakukan penelitian lebih lanjut.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Heboh! Mie Instan Indonesia dilarang Edar di Taiwan, Alasan di baliknya Terungkap

Satuviral
- Advertisement -

Selain itu SFA juga bekerja sama dengan importir dan otoritas Indonesia untuk menyelidiki dan memperbaiki penyebab kontaminasi etilen oksida.

“Jika etilen oksida terdeteksi melampaui tingkat maksimum yang ditentukan, SFA akan memulai penarikan produk yang terkena dampak sebagai tindakan pencegahan,” tegas SFA.

Adapun proses penarikan sedang berlangsung saat ini. Meski tidak menimbulkan efek langsung jika konsumsinya rendah, SFA mengimbau konsumen yang terlanjur membeli produk tersebut untuk tidak mengkonsumsinya.

Ditarik di Hongkong

Sebelumnya, Center for Foods Safety (CFS)/ BPOM Hongkong juga telah menarik Mie Sedaap goreng rasa Korean Spicy Chicken. Alasan penarikannya sama yakni ditemukan pestisida, etilen oksida. Pernyataan ini dikeluarkan resmi pada Rabu (06/10/2022).

CFS mengetahui adanya pestisida usai melakukan uji sampel beberapa produk di supermarket. Sampel produk dari supermarket di Lok Fu diuji di bawah Program Pengawasan Makanan. Atas kejadian itu, CFS dengan tegas akan mengawasi perdagangan di pasar Hong Kong.

“Hasil pengujian menunjukkan bahwa sampel mi, kemasan bumbu, dan kemasan bubuk cabai produk mengandung pestisida dan etilen oksida,” tulis pernyataan resmi CFS,, Rabu (28/9/2022).

Kasus penolakan Mie Sedap di luar negeri bukan yang pertama kali terjadi. Mie instan dari Wings Group ini pernah pernah ditolak beredar di Taiwan dengan alasan yang sama. Sebabnya tingkat kandungan residu pestisida di atas ambang batas.

Kapal yang mengangkut mi instan Indonesia pun ditahan otoritas Badan Makanan dan Obat-obatan atau Food and Drug Administration (FDA). Tugas dan wewenang FDA sendiri serupa dengan BPOM di Indonesia. FDA menyebut ada 19 kapal yang ditolak masuk Taiwan. Termasuk kapal pengangkut mi instan yang totalnya mencapai 4.431,96 kilogram.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -