Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralMisterius! Pulau ini Bisa Bergerak Sendiri di Atas Danau

Misterius! Pulau ini Bisa Bergerak Sendiri di Atas Danau

Bergerak Rutin Setiap Hari

Indo Viral; Kamu tertarik untuk mencoba sensasi wisata yang anti mainstream sobat Viral? JIka iya, kamu bisa mencoba merasakan sensasi melihat pulau bergerak di Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

Pulau ini terletak di tengah Danau Bagut di ke Dusun Kuala Buin, Desa Entibab, Kecamatan Bunut Hilir Kalbar. Video tentang pulai ini viral di sosial media usai diunggah di akun TikTok @1_maret_ultah.⁠

Di Dalam video terlihat pulau ini tidak luas. Hanya berupa gundukan tanah berumput dengan beberapa pohon di atasnya. Luasnya sekitar 200 meter persegi. Ia dapat bergerak perlahan seperti hanyut mengikuti aliran Danau.

Warga sekitar menamainya Pulau Begansar. Dalam bahasa Kapuas Hulu artinya bergerak.⁠ Jasmin, salah seorang warga setempat mengatakan Pulau Begansar mulai bergerak pada waktu tertentu secara rutin.

“Biasanya mulai bergerak sekitar pukul 08.00 dan kembali pada pukul 15.00. Arah pergerakannya beda-beda. Namun akan kembali ke lokasi yang sama,” ujarnya.

@1_maret_ultah

Keajaiban dunia di kalimantan barat, kalbar mana suaranya ?? #fyp #keajaibandunia #kalimantan #kalbar

♬ suara asli – Aris_Mdr – Aris_Mdr

10 Situs Online Terblokir, Netizen Ramai-ramai Serukan Blokir Kominfo

Satuviral

Ia melanjutkan menurut mitos yang beredar dulu ada tujuh pulau yang bisa bergerak. Ketujuh pulau ini merupakan jelmaan dari 7 saudara. Namun kini hanya tinggal dua pulau yang bisa bergerak.

“Pulau Begansar dipercaya punya kepala dan ekor yang tidak terlihat. Arah geraknya beda-beda setiap hari. Lima pulau lainnya tidak bisa bergerak karena sudah “mati”,” jelas Jasmine.

Belum diketahui penyebab pasti bagaimana Pulau Begansar itu dapat bergerak. Namun, pergerakan pulau tersebut diduga terjadi karena beberapa faktor seperti struktur tanah, angin, bahkan aktivitas manusia.

Transportasi ke Pulau Begansar

Walaupun tampak kecil, pulau ini bisa diisi sekitar 40 hingga 50 wisatawan. Pengunjung yang hendak naik ke atas pulau, akan diantar penduduk setempat dengan menggunakan perahu.

Jasmine menyarankan waktu yang paling pas mengunjungi pulau itu adalah saat musim hujan. Sebab jika musim kemarau, air di dalam danau berkurang drastis. Sehingga pulau sulit bergerak.

Kalau kamu tertarik pergi ke ‘Pulau Begansar’, kamu bisa melalui akses darat Jalan dari Pontianak lewat Lintas Selatan. Kemudian berkendara menggunakan motor dari Boyan Tanjung ke Kuala Buin.

“Akses ke sana sudah lumayan baik. Dari Boyan Tanjung ke Nanga Danau agak mulus. Kemudian, jalan ke Kuala Buin sudah mulai pengerasan. Namun, akses dari kampung terdekat ke Pulau Begansar jalannya sudah disemen,” tutup Jasmine.

Vaksin Booster Tahap ke 2 Dimulai. Ini Jenis dan Cara Mendapatkannya

Satuviral

Hingga kini video pulau itu di akun @1_maret_ultah. sudah ditonton jutaan orang. Juga mendapat 95 ribu likes dan 300 komen. Netizen ramai-ramai memberi komentar. Ada yang takjub dan bingung bagaimana pulau itu bisa bergerak. Adapula yang mengira-ngira penyebab pulau itu bisa bergerak.

“Itu tanah gambut di bawahnya kegerus air tapi yang di bagian tumbuhan gak hancur karena akar mengikat tanah,” kata Adi cp.⁠

“Pov: ternyata pulau itu adalah punggung dari hewan zaman purba yang masih hidup hingga sekarang,” kata Ram_.⁠

“Jangan-jangan cerita one piece itu bener, itu pulau penyu,”⁠
kata maghfirah makeup wedding.⁠

Seiring dengan keviralan video pulau bergerak tersebut, semakin banyak wisatawan yang berkunjung. Entah itu hanya penasaran atau ingin menikmati bagaimana rasanya naik di atas pulau tersebut. Dalam video, sejumlah wisatawan tampak ramai berada di atas pulau.

So, kamu tertarik ga untuk bikin konten dari atas pulau sobat Viral?

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement