Saturday, June 3, 2023
HomeTrending ViralMixue Belum Halal, MUI dan Kemenag Keluarkan Larangan Ini

Viral: Mixue Belum Halal, MUI dan Kemenag Keluarkan Larangan Ini

Mixue Dilarang Tempel Logo Halal

Info Viral: Tren gerai minuman dan es krim Mixue mendadak viral di masyarakat. Namun sayangnya Mixue belum mengantongi sertifikat halal. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun mengeluarkan sejumlah larangan terkait gerai minuman dan es krim yang berasal dari Tiongkok ini.

Ketua MUI Bidang Fatwa, KH Asrorun Niam Sholeh menegaskan es krim Mixue belum bersertifikat halal. Karena itu MUI melarang perusahaan pembuat es krim Mixue memasang logo halal maupun mengklaim halal pada produknya.

Viral: Mixue, Toko Es Krim yang Ada Dimana-mana

satuviral

“Logo dan label halal itu baru bisa dipasang jika suatu produk sudah bersertifikat halal. Saat ini sertifikat halal Mixue sedang dalam proses,” ujar Asrorun seperti ditulis Satu Viral, Selasa (03/01).

Ia melanjutkan Komisi Fatwa MUI sampai saat ini belum menetapkan kehalalan Mixue karena sedang dalam proses pemeriksaan dan auditing. Sebagai informasi penetapan halal suatu produk membutuhkan proses yang lama serta dokumen yang banyak,

“Jadi mereka sekarang sedang dalam proses pemeriksaan di Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Setelah selesai baru akan dibawa ke MUI untuk ditetapkan kehalalannya,” ucapnya.

Toko Es Krim yang Ada Dimana-mana - Satuviral – SATUVIRAL

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag Aqil Irham juga menegaskan produk mixue belum mengantongi sertifikat halal. Karena itu Mixue dilarang mengklaim maupun menempelkan logo Halal sendiri di gerainya.

Pernyataan itu disampaikan Aqil menanggapi pengaduan adanya gerai Mixue yang memasang logo Halal Indonesia. Menurut dia, label Halal Indonesia hanya boleh dipasang pada produk yang telah mengantongi sertifikat halal dari MUI.

Ia membenarkan bahwa perusahaan Mixue sudah mengurus izin penerbitan sertifikat Halal sejak tahun lalu. Perusahaan Mixue sudah diminta mengumpulkan sejumlah dokumen dan persyaratan untuk melengkapi pemeriksaan.

Mixue Akui Sedang Urus Sertifikasi Halal

Melalui akun Instagram resminya, Mixue Indonesia mengaku belum memiliki sertifikat halal. Namun, Mixue menegaskan, bukan berarti produk es krim dan minuman yang saat ini dijual perseroan haram dan ilegal. Hal ini karena manajemen masih dalam proses mendapatkan sertifikasi halal dari otoritas yang berwenang.

“Perlu dicatat bahwa tidak memiliki sertifikat halal bukan berarti tidak halal. Menyebarkan informasi bahwa Mixue tidak halal adalah tindakan yang kami anggap tidak bertanggung jawab dan sangat disayangkan,” kata rilis resmi Mixue dikutip Satu Viral.

Viral: Bukan ‘Miksu’, Gini Pengucapan ‘Mixue’ yang Benar

Satuviral
Bukan  – SATUVIRAL'Miksu', Gini Cara Pengucapan 'Mixue' yang Benar - Satuviral

Mixue Indonesia menjelaskan sertifikat halal sudah diajukan mulai 2021, namun prosesnya memakan waktu cukup lama. Karena 90% bahan baku yang mereka gunakan diimpor dari China. Karena itu, semua proses pemeriksaan harus dilakukan langsung oleh pihak berwenang di sana.

“Kami berharap klarifikasi ini akan menjawab kekhawatiran dan pertanyaan pelanggan Mixue. Sehingga meminimalkan konsekuensi dari perilaku yang tidak bertanggung jawab dalam menyebarkan informasi yang tidak akurat.” tutupnya.

Setelah mendengar ini, kamu masih mau minum Mixue? Atau mau menunggu hingga es krim dan minumannya mendapat sertifikat halal nih sob?

Jangan Lupa baca Satu Viral biar kamu tetep update informasi berita viral, gosip viral, artis viral indonesia dan berita terkini. Follow IG , Facebook, Youtube dan Tiktok Satu Viral juga Sob.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -