Thursday, October 5, 2023
HomeKulinerMixue, Toko Es Krim yang Ada Dimana-mana

Viral: Mixue, Toko Es Krim yang Ada Dimana-mana

Toko Es Krim yang Ada Dimana-mana

Info Viral: Sering lihat toko es krim Mixue? Benar sekali, merek es krim asal China ini melakukan ekspansi besar-besaran di Indonesia. Sekarang toko es krim Mixue ada di mana-mana.

Mixue Ice Cream & Tea sendiri merupakan waralaba internasional yang menyediakan teh dan es krim segar. Perusahaan menawarkan berbagai minuman seperti bubble tea, fruit tea, milkshake dan produk es krim.

Menurut situs resmi perusahaan, perusahaan es krim ini pertama kali didirikan pada tahun 1997 oleh Zhang Hongchao. Saat ini perusahaan ini sendiri dioperasikan oleh Mixue Bingcheng Co., Ltd.

Toko Es Krim yang Ada Dimana-mana - Satuviral – SATUVIRAL

Liburan ke Bali? Cobain Buah Salju Khas Bedugul yang Viral dan Manis

Satuviral

Untuk memastikan kualitas setiap es krim dan teh yang dijualnya, perusahaan juga bekerja sama dengan Henan Daka Food Co., Ltd. dalam R&D dan produksi.

Pada saat yang sama, SynTao Intelligent Supply Chain Co., Ltd. Di sektor jasa pergudangan dan logistik, pihaknya juga menjalin kerja sama yang erat dengan Mixue.

- Advertisement -

Dengan demikian, rantai industri yang lengkap untuk memastikan dan mempercepat pengembangan Mixue Ice Cream & Tea. Berkat hal tersebut, Mixue sendiri kini memiliki lebih dari 20.000 toko di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Mixue Mulai Menjamur dan Digandrungi Anak Muda

Es krim kekinian yang digandrungi anak muda zaman now, selain harganya yang sangat terjangkau rasanya pun enak.

Mixue mencuri atensi warga netizen dengan membuat twit yang mengundang tawa disertai gambar meme, salah satunya dibagikan akun @Addvoyc**.

“‘Di saat ruko lengah, disitu mixue bergerak,” tulisnya.

Ada juga yang menyampaikan keluh kesahnya, lantaran gerai mixue di kota Bandung sudah hampir ada di setiap titik.

Sering Cemas? Coba Makanan Pereda Kecemasan Ini

Satuviral

Akun dengan nama @azl** mengunduh peta Google map yang menunjukan beberapa titik gerai Mixue dengan cuitan.

“Kalian kalo ke Bandung bakal buka tiap beberapa meter pasti ada Mixue, sudah kaya Indomaret di mana-mana ada,” tulisnya.

Toko Es Krim yang Ada Dimana-mana - Satuviral – SATUVIRAL

“Betul banget, gue asalnya tinggal di Bandung kalau mau Mixue gampang banget kaya Indomaret/ Alfamart tinggal jalan kaki sudah ada di depan ruko komplek. Tapi tujuh bualn lalu pindah ke Solo, Eh susah bener pengen Mixue baru ada 3 cabang Mixue di Solo Raya , tapi sekarang mulai banyak cabangnya,” katanya.

Hingga berita ini dituliskan, twit tersebut dikomentari sebanyak 90 dan di like sebanyak 1.543, dan di retweet 139 orang, pada saat berita ini dibuat pada 26 Desember, 2022 sudah di Tweet 29,8rb Tweet Mixue.

Lalu bagaimana perjalanan kewirausahaan Mixue berkembang hingga hari ini?

Hongchao mendirikan Mixue Ice Cream and Tea pada tahun 1997, saat ia masih senior di bangku kuliah. Dia mulai menjual es serut di sebuah kota kecil di Zhengzhou.

Saat itu, sebelum memulai usahanya, ia bekerja paruh waktu di sebuah toko minuman dingin khusus es serut. Dari situ, ia menemukan peluang bisnis.

Dengan 4.000 yuan (setara dengan 2.000 rupiah Indonesia) yang diberikan oleh neneknya, ia mulai mendirikan warung es serut. Toko bernama “Cold Creek Shaved Ice” ini adalah pendahulu dari Mixue Bingcheng.

Modal awal yang terbatas membuat perlengkapan toko juga sederhana. Bahkan mesin untuk memproduksi es serutnya pun dirakit oleh Hongchao dengan membeli motor, meja putar, dan Pemotong. Produk utama toko ini juga terbatas, hanya ada es serut, es krim, dan smoothie.

Setelah bisnisnya berkembang, ia mulai menjual teh susu di tokonya. Dengan kegigihannya, Hong Chao bisa menghasilkan lebih dari 100 yuan (200.000 rupiah) setiap hari. Namun, dia mulai melihat masalah dengan produknya yang bersifat musiman. Jadi dia gagal dan toko pertamanya terpaksa ditutup.

Hong Chao tidak langsung menyerah. Pada tahun 1999, dengan keberaniannya, ia membuka kembali toko es serut berikutnya dan berganti nama menjadi MXBC. Selama bertahun-tahun dia menghadapi berbagai tantangan dan baru pada tahun 2006 dia akhirnya menemukan tempatnya di pasar.

Tahun itu, bertepatan dengan Olimpiade Beijing 2008, sejenis es krim obor dari Jepang mulai bermunculan di Zhengzhou, es krim jenis ini dikenal dengan es krim cone. Akibatnya, harga es krim yang semula satu atau dua yuan naik lima atau sepuluh kali lipat.

Dari situ, ia menemukan peluang bisnis dan berhasil menciptakan resep es krim yang murah. Ia pun berhasil membuat produk es krim seharga 2 yuan atau setara dengan 4.000 rupiah, sementara toko lain menjualnya sebanyak 10 yuan (20.000 rupiah). Bisnisnya berkembang pesat dan digandrungi banyak peminat saat itu.

Pada tahun 2007, ambisi Hongchao membawanya membuka toko waralaba. Belakangan tahun itu, lusinan toko dibuka dengan cepat di Provinsi Henan, tempat kantor pusat berada. Bahkan setahun kemudian, jumlah gerainya mencapai 180 gerai. Dan pada tahun 2008, Mixue Bingcheng resmi menjadi sebuah perusahaan.

Update terus dengan Satuviral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan info viral di Satu Viral.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -