Sunday, March 26, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralMudik Gratis Lebaran 2023: Ini Syarat dan Cara Daftar

Viral: Mudik Gratis Lebaran 2023: Ini Syarat dan Cara Daftar

Mudik Gratis Lebaran 2023

Info Viral: Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) tengah menyiapkan Program Mudik gratis Motis (Motor Gratis) untuk mendukung Angkutan Lebaran 2023. Selain itu, DJKA akan mengintegrasikan angkutan motis dengan pelayanan KA PSO (subsidi).

Melalui integrasi ini, masyarakat atau pemudik peserta program Motis akan mudik bersama kendaraan motornya menggunakan kereta api dengan sepeda motornya dan hanya membayar Rp 10.000 hingga Rp 20.000.

“Untuk mengoptimalkan keselamatan dan kenyamanan penyelenggaraan motis di tahun ini, DJKA juga akan mengintegrasikan angkutan motis dengan pelayanan KA PSO di mana peserta program motis akan mudik bersama kendaraan motornya dengan tarif yang sangat terjangkau, cukup membayar tarif mulai Rp10 ribu hingga Rp20 ribu rupiah,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Djarot Tri Wardhono lewat keterangan tertulis, Kamis (23/2).

Mudik Gratis Lebaran 2023 - Satuviral – SATUVIRAL

Tips Berburu Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran

Satuviral

Djarot mengungkapkan Motis merupakan program tahunan DJKA. Pada tahun 2023, 10.440 slot sepeda motor akan dikirimkan ke tujuan mudik.

DJKA juga menargetkan keberangkatan sebanyak 46.720 penumpang melalui skema tersebut.

Baik kapasitas penumpang maupun jumlah sepeda motor yang ditawarkan meningkat signifikan dibanding tahun lalu. Karena tahun lalu hanya 2900 sepeda motor yang difasilitasi di Motis 2022.

Ada 10.440 Slot Motor

“Tahun ini kami akan siapkan sebanyak 10.440 slot motor yang secara gratis dikirimkan ke lokasi tujuan mudik penumpang pada Lebaran mendatang, terlebih di tahun ini kami sediakan kapasitas Motis yang jauh lebih banyak daripada tahun lalu, karena kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih kondusif,” paparnya.

Menurutnya, sejak diluncurkan pertama kali pada 2013 lalu, animo masyarakat terhadap program Motis setiap tahunnya meningkat. Ia juga menyebutkan pada tahun 2019 ini, DJKA memfasilitasi pengiriman sebanyak 19.000 sepeda motor.

Setelah itu, info viral Motis 2023 akan melayani tiga lintas layanan. Pertama, lintas utara jalur Cilegon-Gudang Jakarta-Tawang Semarang.

Kedua, lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang – Purwosari. Ketiga, lintas Selatan dengan rute Kiaracondong – Purwosari.

“Melihat data-data periode lebaran sebelumnya, tingkat kecelakaan kendaraan roda dua selama periode mudik cukup tinggi, sehingga dengan adanya program motis ini, lakalantas roda dua dapat diminimalisir,” tegasnya.

Sebagai informasi, pendaftaran program Motis 2023 adalah 1 Maret-3 Mei 2023. Sedangkan angkutan motis berlangsung mulai 11 hingga 20 April dan angkutan pulang dilakukan mulai 25 April hingga 4 Mei 2023.

Advertisement

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -