Saturday, March 25, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralMulai 2024, Jakarta Tidak Lagi Menjadi Ibu Kota

Viral: Mulai 2024, Jakarta Tidak Lagi Menjadi Ibu Kota

Jakarta Tidak Lagi Menjadi Ibu Kota

Info Viral: Jakarta tidak lagi menjadi ibu kota negara pada tahun 2024. Mulai tahun depan, ibu kota negara (IKN) akan mulai berpindah ke Nusantara di Kalimantan Timur.

Bambang Susantono, Kepala Otoritas Ibukota Nusantara, mengatakan Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan keputusan atau keputusan presiden pada paruh pertama tahun 2024. Keppres tersebut mengesahkan pengalihan IKN dari Jakarta ke Nusantara.

“Mana kala presiden mengeluarkan Kepppres pada 2024, ibu kota akan pindah ke IKN Nusantara. Walaupun 2024, namun persiapan sudah kami lakukan sejak sekarang,”  ujar Bambang saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XI DPR RI, Senin (6/2) lalu.

Ia mengatakan, persiapan yang dilakukan antara lain pemindahan ASN, TNI, dan Polri secara bertahap. Selain itu, Badan Otorita juga sedang mempersiapkan serah terima hak kelola.

Tidak hanya itu, pelayanan publik lainnya juga harus siap beroperasi pada tahun 2024. Karena itu, Otorita Banda harus mulai melakukan persiapan mulai 2023.

Jakarta Tidak Lagi Menjadi Ibu Kota - Satuviral – SATUVIRAL

Penduduk Miskin Jakarta Turun 4,61 Persen

Satuviral

Tersisa 559 Hari Lagi

Menurut Bambang, hanya tersisa 559 hari untuk menyelesaikan instruksi Presiden Joko Widodo agar upacara HUT RI ke-79 bisa digelar di IKN Nusantara. Hingga kini pihaknya selalu mengoptimalkan berbagai program kerja Otoritas IKN tahun 2023 agar dapat menjalankan tugas Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibukota Negara.

“Hari ini adalah 559 hari hingga 17 Agustus 2024, setiap satu hari berkurang dan tidak ada tanggal merah bagi kami untuk melaksanakan amanah dari UU yang Bapak/Ibu punyai,” ujarnya.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, saat ini Otorita IKN sudah memiliki badan anggaran. Namun, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran atau DIPA belum diterima dari Kementerian Keuangan.

Otorita IKN mengajukan anggaran sebanyak Rp650 miliar dan telah disetujui oleh Kemenkeu dan untuk tahap pertama telah diberikan sebanyak Rp250 miliar. 

“Kami kira sebagai institusi baru, anggaran ini cukup yang penting bagi kami jangan sampai terlalu lama organisasi ini berjalan tanpa DIPA. Anggaran mungkin ada tapi DIPA-nya belum ada,” ujarnya.

Jakarta Tidak Lagi Menjadi Ibu Kota - Satuviral – SATUVIRAL

Update Pembangunan Ibu Kota Baru, Rusun Pekerja Siap Dibangun Bulan ini

Satuviral

Tidak Memaksakan Percepatan

Anggota Komisi XI DPR RI Marwan Cik Asan mengingatkan pemerintah untuk tidak memaksakan percepatan pembangunan ibu kota nusantara. Hal ini disampaikan mengingat terbatasnya dana yang dianggap sebagai pembangunan infrastruktur ibu kota baru.

Ia mengatakan, DPR secara konsisten mendukung pelaksanaan undang-undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN Nusantara. Proses pembangunan IKN ini harus dikawal bersama.

“Dalam pandangan partisan yang disampaikan, kami mengingatkan dalam pembahasan undang-undang bahwa pembangunan IKN yang kami paksakan untuk dipercepat pasti akan menghadapi kendala masalah pendanaan,” ujarnya.

Pemerintah telah menetapkan titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Titik nol kilometer (km) tersebut akan menjadi pusat IKN setelah pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur rampung.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Sepaku memiliki luas 1.172 kilometer persegi. Secara administratif, terdapat 15 desa/kelurahan di kawasan yang akan menjadi pusat IKN.

Dapetin terus berita-berita eksklusif setiap hari, cuma di Satuviral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Advertisement

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -