Thursday, December 1, 2022
- Advertisement -
HomeCelebrityMulan Jameela Kritik Kompor Listrik : Cocok Untuk Masakan Bule

Viral: Mulan Jameela Kritik Kompor Listrik : Cocok Untuk Masakan Bule

Perlu Panci Khusus dan Listrik Stabil

Berita Terkini; Wacana DPR melakukan konversi kompor LPG ke penggunaan kompor listrik menuai kritik dari masyarakat. Salah satu kritikan terlontar dari Mulan Jameela yang merupakan anggota komisi VII DPR RI. Mulan menilai penggunaan kompor listrik hanya cocok untuk memasak makanan orang bule.

Menurut Mulan, kompor listrik kurang cocok untuk memasak makanan Indonesia. Pasalnya masakan khas Indonesia biasanya memakan waktu lama untuk mengolahnya. Ia menyebutkan misalnya memasak rendang atau ketupat yang membutuhkan tempat masak besar dengan durasi 4-7 jam.

Tak hanya itu saja, penggunaan kompor listrik dinilai Mulan membutuhkan alat masak khusus. Panci yang dipakai masyarakat Indonesia saat ini tidak cocok dengan permukaan kompor listrik yang datar. Hal ini membuat masyarakat perlu membeli lagi panci khusus memasak di kompor listrik.

“Kompor induksi ini harganya aja Rp 1,5 juta. Oke gratis. Apakah sudah termasuk wajan dan panci? Apa tersedia dalam berbagai ukuran? Belum lagi masalahnya kan wajan dan pancinya mahal-mahal,” ungkap Mulan dalam rapat kerja Komisi VII dengan Ditjen ILMATE Kemenperin, beberapa waktu lalu seperti ditulis Satu Viral, Selasa (27/09/2022).

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Beri Suprise Untuk Anak, Nindy Ayunda Datangkan Farel Prayoga

satuviral

Bahkan, Mulan mengaku di rumahnya sudah punya kompor listrik tapi masih juga menggunakan kompor gas. Ha ini karena istri Ahmad Dhani ini menilai lebih cocok memasak pakai kompor gas.

“Ini kapasitas saya sebagai anggota dewan dan sebagai emak-emak. Kami di rumah aja punya kompor listrik tetap tak bisa lepas dari yang gas. Karena masakan Indonesia ya beda bukan masakan orang bule yang pancinya ya seukuran gitu aja,” tutur Mulan.

Ibu dari Syafeea ini juga menyoroti soal listrik yang akan digunakan. Dia khawatir penggunaan kompor listrik membuat tagihan listrik masyarakat membludak. Sebab memasak dengan kompor listrik diperlukan aliran listrik yang stabil serti daya watt yang tinggi.

“Masyarakat kita sekarang masih banyak daya listriknya 450 -900VA. Padahal ini(kompor listrik) kebutuhannya 1.200-1.800 watt, gede sekali. Kasihan masyarakat,” kata Mulan.

Mantan penyanyi ini melanjutkan tegangan listrik yang tidak stabil berpotensi membuat kompor listrik cepat rusak. Iapun bercerita hal ini terjadi pada kompor listrik dirumahnya yang rusak mendadak karena ketidakstabilan listrik.

“Jadi saya juga ada pengalaman ini saya punya rumah di Cisarua. Saya punya kompor listrik di sana, karena listrik nggak stabil kayak di kota itu kompornya rusak. Padahal, nggak diapa-apain cuma karena listrik nggak stabil,” cerita Mulan.

Sarankan Kompor Listrik Untuk Masyarakat Mampu

Ibu empat anak ini menyarankan konversi kompor induksi ini jangan diarahkan ke masyarakat kurang mampu. Baiknya, kompor listrik diarahkan konversinya ke masyarakat yang mampu.

“Misalnya nih kompor induksi ini diwajibkan untuk masyarakat yang memang mampu. Ya mungkin bisa. Mereka sudah memang membutuhkan. Jadi bukan mereka masyarakat yang kekurangan. Karena mereka secara daya listrik juga tak mampu,” kata Mulan.

Dirinya meminta konversi kompor LPG dengan kompor induksi dikaji lebih dalam oleh pemerintah. Maka dari itu, dia meminta program konversi kompor induksi ini jangan buru-buru dilakukan. Jangan sampai program yang niatnya baik untuk menekan impor LPG malah menimbulkan masalah baru.

Sebelumnya, Kementerian ESDM menjelaskan penyaluran kompor induksi akan dilakukan untuk keluarga penerima paket kompor listrik ini. Penerima sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Rencana itu akan diberikan bertahap pada tahun ini kepada 300 ribu penerima.

Paket kompor induksi itu terdiri dari satu kompor, satu alat masak. Mereka juga mendapatkan satu Miniature Circuit Breaker (MCB) atau jalur daya khusus untuk kompor induksi secara gratis. Daya listrik di rumah penerima kompor juga akan dinaikkan oleh PLN.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com