Wednesday, February 28, 2024
HomeHealthNatto, Cemilan yang Berbau Menyengat tapi Bagus Buat Diet. Berani Coba?

Viral: Natto, Cemilan yang Berbau Menyengat tapi Bagus Buat Diet. Berani Coba?

Cemilan Asal Jepang

Info Terkini; Cemilan natto asal Jepang tengah booming di media sosial. Video natto tak jarang jadi for you page alias fyp di timeline TikTok. Makanan yang satu ini memang unik. Berbentuk kedelai yang berlendir. lengket dan berbau menyengat.

Namun memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan dan cocok untuk para pejuang diet. Natto adalah makanan fermentasi kedelai. Makanan ini diciptakan secara tidak sengaja usai perang tahun 1500an.

Konon pada tahun 1500-an di masa Uesegi Kenshin di Jepang, terjadi perang dimana-mana. Setelah perang usai, barulah orang-orang menyadari bahwa kedelai yang mereka simpan sudah membusuk dan mengeluarkan lendir ketika diaduk.

Namun karena keterbatasan persediaan makanan, kedelai tersebut terpaksa dikonsumsi. Kemudian diracik dengan bumbu alami khas Jepang. Tidak disangka-sangka, ternyata kedelai tersebut justru memiliki rasa yang enak. Akhirnya masyarakat Jepang rutin mengkonsumsi Natto sampai sekarang.

Di Jepang, biasanya orang-orang mengkonsumsi natto sebagai salah satu menu sarapan. Masyarakat di sana biasanya mencampur semangkuk nasi dengan natto dan menambahkan kecap asin atau telur mentah.

Hendak dilegalkan, Ini Manfaat Ganja Medis Yang Tak Banyak Orang Tahu

Satuviral
- Advertisement -

Meski demikian, masyarakat Jepang kerap mengonsumsi dan menghidangkan makanan yang satu ini karena memang memiliki manfaat yang luar biasa. Siapa sangka dibalik bentuknya yang menjijikkan, terkandung banyak protein dan vitamin yang baik untuk pencernaan.

Berikut manfaat mengkonsumsi Natto.

Cemilan Orang Diet.

Di dalam 100 gram natto terkandung 212 kalori, protein, kalsium serta zat besi. Selain itu natto juga memiliki 0 lemak jenuh. Sehingga selain bergizi, natto juga baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Kamu tak akan gendut jika mengkonsumsinya dalam jumlah banyak.

Natto juga mengandung jenis bakteri baik, seperti Bacillus Subtilis. Para peneliti menunjukkan bahwa strain dari bakteri itu bisa meningkatkan kesehatan usus dan manfaatnya serupa dengan probiotik.

Bikin Panjang Umur

Dilansir dari Verywell Fit, Natto mengandung Nattokinase. Enzim ini terbentuk saat proses fermentasi. Khasiat dari enzim ini sangat banyak. Salah satunya bisa memperpanjang usia seseorang. Hal ini secara jelas tertera dalam studi akan khasiat natto yang dilakukan pada tahun 2018 yang lalu.

Enzim nattokinase juga dapat melancarkan peredaran darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Seperti kita ketahui, penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia.

“Konsumsi natto menjadi kontributor yang signifikan bagi umur panjang penduduk Jepang,” tulis hasil dalam studi tersebut.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Bukan Dinasehati, Begini Penangan Korban Pelecehan Seksual yang Tepat

Satuviral

Mencegah Penyakit Jantung

Enzim Nattokinase juga berfungsi sebagai pengencer darah alami yang dapat membantu mencegah pembentukan plak arteri di jantung. Dalam jangka panjangnya hal ini mencegah penyakit jantung dan risiko kardiovaskular lainnya.

Banyaknya plak pada arteri menuju jantung ini dapat menyebabkan gagal jantung, serangan jantung, hingga berbagai penyakit jantung lainnya.

Meningkatkan Kepadatan Tulang dan Cegah Osteoporosis

Natto mengandung vitamin K2 yang bisa meningkatkan kepadatan tulang. Para peneliti Jepang juga telah melakukan studi pada pria lanjut usia yang gemar makan natto. Studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi natto memiliki massa tulang yang lebih baik dan mencegah osteoporosis

Sedangkan bagi perempuan lanjut usia, ditemukan adanya pengurangan risiko pada masalah tulang di periode pasca menopause. Menariknya lagi, khususnya pada perempuan, kepadatan tulang itu cenderung mengarah ke perbaikan kondisi tulang di leher dan pinggul. Hal itu membuat perempuan Jepang lebih tegap karena memiliki massa tulang yang baik di area penopang berat badan.

Cegah Darah Tinggi dan Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Suatu penelitian melibatkan 79 responden dari Amerika Utara yang menderita tekanan darah tinggi. Mereka dianjurkan untuk rutin mengonsumsi natto setiap hari. Alhasil, tekanan darah sistolik dan diastolik pada laki-laki dan perempuan berkurang signifikan. Data yang dikumpulkan dari responden perempuan juga dinilai memiliki manfaat dalam pengurangan risiko stroke.

Berani coba makan natto Sobat Viral?

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -