Thursday, February 22, 2024
HomeTrending ViralObat Gagal Ginjal Akut Tiba di Indonesia, Segini harganya

Viral: Obat Gagal Ginjal Akut Tiba di Indonesia, Segini harganya

Impor dari Singapura dan Australia

Berita terkini; Kabar gembira sobat Viral, obat penyakit gagal ginjal akut (AKI) telah tiba di Indonesia. Pemerintah Indonesia memesan obat tersebut dari Singapura dan Australia. Obat ini bernama Fomepizole (injeksi) .

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan obat tersebut belum diproduksi dalam negeri. Oleh sebab itu di tahap awal pihaknya memesan sebanyak 200 vial obat dari Singapura dan Australia.

“Harga satuan mencapai Rp 16 juta. Semua biaya kami yang menanggung. Obat ini sudah tiba di Indonesia. Sementara jumlahnya 26 vial,” ujar Menkes Budi dalam keterangan pers seperti ditulis Satu Viral di Jakarta, Senin (24/10/2022).

Harganya memang cukup fantastis lantaran Fomepizole termasuk dalam golongan obat langka. Karenanya, ia mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan Singapura dan Australia dalam membantu penanggulangan gagal ginjal akut di Indonesia.

“Obat ini masih langka ya, kita bisa dibantu. Saya telpon Menkes Singapura dan Australia langsung dikasih,” terang Budi.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: BPOM Duga 5 Merek Obat Sirup ini Sebabkan Gagal Ginjal Akut

Satuviral
- Advertisement -

Obat akan didistribusikan ke Seluruh Rumah Sakit

Dalam waktu dekat, obat ini akan diedarkan ke seluruh rumah sakit yang memiliki pasien gagal ginjal akut. Namun seluruh obat yang datang akan melalui pemeriksaan terlebih dahulu.

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril menjelaskan Kemenkes mengetahui obat penyembuh gagal ginjal atas saran dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Awalnya tenaga kesehatan di RSCM memberikan obat tersebut kepada sejumlah pasien gagal ginjal akut.

Ternyata, lanjut Syahril ada perubahan yang baik dari pasien tersebut. Setelah mengonsumsi obat, pasien mulai bisa buang air kecil. Setelah diteliti obat tersebut mengandung senyawa kimia yang mengikat racun yang berada dalam ginjal pasien.

“Perubahannya mulai keluar lagi air kencingnya. Keadaannya juga membaik. Artinya reaksi ini ada yang bagus,” ungkap Syahril.

Sebelumnya penyakit gagal ginjal akut menyerang anak-anak balita di Indonesia. Hingga Sabtu (22/10/2022) terdapat sebanyak 241 orang di 22 provinsi terserang penyakit gagal ginjal akut. Sebanyak 133 jiwa diantaranya meninggal dunia.

Setelah ditelusuri, banyak kasus kematian dipicu akibat anak-anak tersebut mengkonsumsi obat dalam bentuk sirup dan cair dengan kandungan berbahaya.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -